Follow Us

Viral Fenomena Berbahaya Fire Challenge, Ajang Bakar Diri Supaya Terkenal

Bayu Galih Permana - Senin, 19 November 2018 | 20:14
Fire Challenge
YouTube

Fire Challenge

HAI-Online.com - Beberapa tahun terakhir, di media sosial sering muncul berbagai macam tantangan yang terkadang bisa membahayakan nyawa dari pelaku, sebut saja momo challenge atau kiki challenge.

Anehnya lagi, orang-orang yang mengikuti tantangan berbahaya ini rela menyakiti diri mereka semata-mata demi mengejar atau mendapatkan popularitas di media sosial.

Nah akhir-akhir ini, muncul sebuah fenomena lama yang kini kembali viral di media sosial seluruh dunia bernama fire challenge.

Buat kalian yang belum tahu, fire challenge merupakan sebuah tantangan yang mengharuskan si pembuat video membakar dirinya sendiri hingga kemudian diunggah ke media sosial mereka.

Fire Challenge
YouTube

Fire Challenge

Baca Juga : Kandungan Protein di Roti Tepung Kecoak Dinilai Lebihi Daging, Berani Coba?

Untuk melakukan fire challenge, orang-orang akan menuangkan cairan mudah terbakar ke badan mereka, sebelum akhirnya menyalakan, dan membiarkan api itu membakar tubuhnya.

Bukan fenomena baru

Fenomena fire challenge sebenarnya pertama kali dilakukan pada 2012, sempat ramai di 2014, namun kembali menjadi viral dan diikuti oleh banyak orang, khususnya anak muda, tahun ini.

Semenjak pertama dilakukan pada 2012, udah timbul banyak korban yang jatuh akibat mengikuti fire challenge, bahkan beberapa di antara mereka dikabarkan harus sampai dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar serius.

Salah satu kasus yang baru terjadi akhir-akhir ini adalah seorang gadis asal Detroit, Michigan, Amerika Serikat yang mendapati tubuhnya terbakar sebanyak 49 persen pada sekitar bulan Agustus lalu.

Timiyah Landers sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) melakukan fire challenge
Inside Edition

Timiyah Landers sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) melakukan fire challenge

Akibat kejadian tersebut, gadis bernama Timiyah Landers ini harus menjalani perawatan medis serius, memakai ventilator di ruang perawatan intensif, dan kepala hingga lututnya terbungkus perban.

Waduh ngeri amat deh, cuma gara-gara pengen terkenal aja sampai rela ngebakar diri gitu, jangan ditiru ya sob! (*)

Source : Nextren.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest