Follow Us

Awas! Minum Air Terlalu Banyak Bisa Sebabkan Kematian, Kok Bisa?

Bayu Galih Permana - Senin, 19 November 2018 | 12:45
Ilustrasi minum air
iStockphoto

Ilustrasi minum air

HAI-Online.com - Minum air memang menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Kalo tubuh kita kekurangan cairan, nantinya akan menyebabkan dehidrasi.

Tapi kalian pada tahu nggak sih kalo minum air secara berlebihan ternyata juga berbahaya bagi tubuh serta otak manusia, bahkan bisa sampai menyebabkan kematian?

Dilansir dari Kompas.com, apabila kita meminum air melebihi jumlah yang bisa diprosesi oleh ginjal, kadar natrium dalam darah nantinya akan menjadi nggak seimbang dan bisa menyebabkan keracunan.

Bahkan dalam beberapa kasus yang ekstrem, terlalu banyak mengonsumsi air nantinya akan berdampak pada kerusakan otak, koma, bahkan sampai meninggal dunia.

Baca Juga : Salip Shani, Cindy Yuvia Duduki Peringkat Pertama Pemilihan Member JKT48

Temuan ini sama seperti laporan di Journal of Clinical Pathology tahun 2003, yang menunjukkan bahwa seorang wanita berusia 64 tahun meninggal pada malam setelah dirinya meminum 30-40 gelas air.

Para peneliti sendiri menyimpulkan penyebab kematian dari wanita tua itu adalah hiponatremia yang merupakan akibat dari keracunan air.

Dampak Terhadap Sel Tubuh

Dalam keadaan normal, sel tubuh dikelilingi dengan larutan dari natrium dan air dengan kadar seimbang yang nantinya akan mengalir masuk dan keluar melalui lubang kecil di membran sel.

Ketika kita minum terlalu banyak air, konsentrasi larutan ini nantinya akan menjadi nggak seimbang (dilusi) yang menyebabkan kelebihan air memasuki sel hingga akhirnya membuat sel-sel tersebut mengalami pembengkakan.

Dampak Terhadap Otak

Source : Kompas.com, Business Insider

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest