Penisnya Normal, Tapi Bijinya Kecil. Bermasalah Nggak?

  • Jumat, 13 Oktober 2017 18:15 WIB

penis C bengkok

HAI-ONLINE.COM – Kalau ngomongin ukuran alat vital cowok, yang ada dipikiran kita pasti penis, bukan testis. Soalnya selama ini yang sering dibanding-bandingkan, bahkan dibangga-banggakan itu emang ukuran penis. Jarang ada cowok yang merhatiin gede kecilnya testis.

Tapi fakta di lapangan menunjukkan ada kasus cowok yang memiliki ukuran penis normal (bahkan di atas rata-rata) tapi testisnya malah mini. Sebenarnya aman nggak sih?

Kata dokter Mamoto Gultom, MPH, konsultan sex, kondisi testis kecil atau microtestis itu emang ada. Dan, biasanya bawaan dari lahir.

Baca juga: Jodoh Masih Nggak Tahu di Mana? Ini 5 Alasan Jodoh Lo Nggak Pernah ketemu

"Kalau nggak ada keluhan rasa nyeri sebenarnya nggak apa-apa. Masih terbilang normal," katanya.

Ia menambahkan yang paling penting itu testisnya masih lengkap (artinya masih ada dua-duanya dan ukuran yang satu dengan yang lain seimbang) serta masih bisa menunaikan tugasnya.

Testis itu pada hakikatnya kan mempunya dua fungsi, membuat hormon dan membuat sperma (pabrik sperma di dalam testis tersebut adanya di saluran-saluran bernama seminiferous). Jadi meskipun ukuran testis cenderung kecil, kalau "alat-alat produksi" yang ada di dalamnya tetap berfungsi dengan baik, ya nggak ada masalah.

"Testis kecil juga masih bisa memberi keturunan kok, selama jumlah spermanya normal. Yang sering dipermasalahkan dari testis kecil itu sebenarnya hanya bersifat psikologis aja. Orang suka ngerasa nggak percaya diri kalau testisnya terlalu kecil," papar dokter Mamoto.

Tuh, buat kamu yang ternyata ukuran testisnya kecil jangan butu-buru parno!

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×