Sex

Hati-hati! Lewat Ciuman, 4 Penyakit Ini Bisa Menular

Ciuman

Ciuman seringkali dianggap sebagai ungkapan kasih sayang pasangan. Tapi hal yang sering diabaikan saat melaukan ciuman adalah beberapa risiko penyakit yang timbul dari kegiatan ini. Pasalnya, ada banyak bakteri dalam mulut manusia yang bisa mudahnya menyebar melalui ciuman. Hal itu diungkapkan oleh Dr. Kelly Reynolds, PhD, ahli mikrobiologi di Zuckerman College of Public Health, University of Arizona.

Buat kamu yang sering nagih ciuman dengan pacar kamu, lebih baik ketahui dulu risiko kesehatan yang akan kamu hadapi saat berciuman. Ini dia yang perlu kamu simak!

Serangan Penyakit Meningitis dan Glandular Fever

Kenapa Saat Ciuman, Orang Memejamkan Mata?
Ilustrasi

Dr. Reynolds menyampaikan bahwa meningitis dan glandular fever adalah pathogen yang paling sering ditularkan melalui ciuman. Hingga saat ini glandular fever masih dianggap sebagai “penyakit ciuman” karena risiko penularannya tinggi banget. Gejala yang muncul salah satunya adalah kelelahan ekstrem yang bisa dirasakan dalam waktu lama.

Selain itu meningitis, inflamasi pada membrane di sekeliling otak dan saraf tulang belakang bisa bertahan selama 10 hari. Terkadang kondisi ini menyebabkan kerusakan permanen dan mengancam nyawa kita.

 

Gonorhea, Sifilis, Herpes

Ciuman
Ciuman

Hal yang biasanya dibahas dalam edukasi seks adalah mikroba penyebab penyakit seperti gonorrhea, sifilis, herpes, dan HPV bisa ditularkan melalui liur. Namun parahnya penularan infeksi itu biasanya bersifat asimtomatik (tanpa gejala). Ini artinya penyakit tersebut bisa ditularkan secara mudah dan berulang-ulang antarpasangan melalui ciuman.

 

Gigi Berlubang

Kesehatan mulut dan gigi
Ilustrasi

Dr. Reynods juga bilang karena banyaknya bakteri yang bersarang pada plak dan gigi bolong, kita perlu mempertimbangkan hal itu mungkin aja menular. Napas segar beraroma mint dari pasangan nggak menjamin bahwa dia terbebas dari infeksi mulut. Ada baiknya kita mengulik kesehatan mulut pasangan kita sebelumnya.

 

Alergi

no kissing
Ilustrasi

Di Swedia sebuah survey dilakukan demi mengungkap betapa reaksi alergi pada 12 persen individu yang alergi makanan bisa terpicu oleh ciuman dari pasangan. Ini bisa terjadi ketika pasangan yang mencium mereka baru aja mengonsumsi yang menimbulkan alergi pada individu. Reaksi alergi yang timbu dari ciuman bisa termasuk gatal-gatal, pembengkakan wajah, napas pendek, bahkan hingga muntah. Reaksi tersebut bisa terjadi dalam hitungan menit setelah ciuman.

Kan nggak lucu kamu terkena  reaksi alergi gara-gara pasangan kamu abis makan makanan yang bikin kamu alergi. Hehehe…

 

Meryam Zahida

Berkarir di HAI adalah sebuah alter-ego. Morning person yang lincah, pecinta "me time" yang berbahaya. Pernah bercita-cita jadi vokalis band rock

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×