Sex

Awas! Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Produksi Sperma Terhambat

Awas! Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Produksi Sperma Terhambat

Nggak hanya cewek aja, kesehatan reproduksi juga penting buat diketahui oleh para cowok. Salah satu hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi buat cowok adalah kualitas dan produksi sperma yang bisa dihasilkan. Tapi tahukah kamu kalo 50 persen penyebab produksi sperma terhambat adalah dari kebiasaan sehari-hari?

Hal ini diutarakan oleh Asisten Professor sekaligus Direktur Kesehatan Reproduksi di NYU Langone Medical Center, Joseph Alukak, M.D. Joseph mengatakan kalo kebiasaan sepele yang dilakukan sehari-hari ternyata berdampak besar terhadap produksi sperma buat cowok. Ini dia beberapa hal sepele yang bikin produksi sperma terhambat:

Menaruh Ponsel Di Saku Celana Depan

Menaruh Ponsel Di Saku Celana Depan
Menaruh Ponsel Di Saku Celana Depan

Hal ini mungkin udah sering kamu denger sebelumnya, tapi faktanya ini sangat berpengaruh buat produksi sperma kamu. sebuah tinjauan yang baru-baru ini dilakukan mengungkapkan kalo 9 persen penurunan produksi sperma disebabkan oleh radiasi ponsel yang terlalu dekat dengan posisi kemaluan. Sebagai langkah antisipasi, lebih baik kamu menaruh ponsel di tempat yang jauh dari bagian bawah tubuh kamu, seperti di tas misalnya.

Stres

Stres
Stres

Stres berat ternyata juga punya pengaruh yang cukup signifikan buat tubuh. Termasuk produksi sperma yang menurun. Sebuah studi yang baru aja dilakukan belakangan ini, menemukan fakta kalo cowok yang cemas cenderung punya sperma yang nggak normal, juga mobilitasnya yang kurang. Ini bisa jadi masalah besar karena sperma seharusnya berenang jauh buat mencapai sel telur.

Ngerokok

“Sudah jelas bahwa setiap perokok memiliki dampak negatif pada kualitas spermanya,” Joseph. Akan tetapi buat kamu yang udah terlanjur ngerokok, ada kabar baik  buat kamu yang berniat buat berhenti. Semakin cepat seorang cowok berhenti ngerokok, semakin cepat ia akan menghasilkan ‘perenang-perenang kecil’ yang hebat dan sehat.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan Berat Badan
Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan ternyata juga bisa menurunkan produksi sperma pada cowok. Menurut Joseph, salah satu alasan kenapa hal ini bias terjadi adalah pengaruh lemak yang bisa menghasilkan estrogen. Nggak hanya itu, cowok dengan berat badan yang berlebih juga rentan terkena disfungsi ereksi.

Berada Di Suhu Panas Terlalu Lama

Berada Di Suhu Panas Terlalu Lama
Berada Di Suhu Panas Terlalu Lama

Mungkin kamu pernah denger anekdot yang bilang kalo sperma cowok seolah-olah akan seperti ‘digoreng’ kalo terlalu lama berada di bak air panas atau sauna. “Ada benernya’, kata Joseph ngasih penjelasan. Hal ini khususnya bagi cowok yang rutin terpapar panas secara terus menerus, seperti tukang las misalnya.

Konsumsi Alkohol

Nah satu lagi alasan kenapa kamu nggak usah nyobain minuman yang satu ini, Peminum alcohol berat biasanya cenderung kurang sehat secara keseluruhan, termasuk kualitas spermanya. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal baru-baru ini bilang kalo cowok yang mengonsumsi alkohl kurang dari lima kali per minggu, memiliki kualitas sperma yang lebih bagus. Apalagi kalo nggak mengonsumsi sama sekali, ya nggak?

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×