3 Tips Untuk Berhenti dari Kecanduan Masturbasi

  • Minggu, 15 April 2018 20:00 WIB

Kalo Berlebihan Bahaya!

HAI-Online.com - Masturbasi boleh asal nggak keseringan, bener nggak sih? Di dunia medis, sebenarnya melakukan masturbasi adalah yang biasa. Karena hal ini merupakan dorongan dan kebutuhan psikologis setiap manusia.

Masturbarsi menjadi masalah adalah ketika kita terlalu sering melakukannya dan dengan sengaja memancing libido dengan melihat hal-hal berbau pornografi. Apalagi dengan meminta foto telanjang sang pacar. Pada segi psikologis, hal ini akan menyebabkan seseorang akan kecanduan untuk bermasturbasi. Sehingga kita selalu berhasrat untuk melihat hal-hal yang berbau pornografi, dan nggak pernah puas akan itu.

“Masturbasi nggak termasuk penyimpangan seks. Masturbasi itu sebenernya sebagai jalan keluar darurat. Boleh-boleh saja dilakukan sepanjang tidak berlebihan dan tidak dengan sengaja memancing-mancing libido sendiri dengan hal-hal yang berbau pornografi. Karena jika dilakukan secara berlebihan akan susah berhentinya. Akibat buruknya tenaga habis, selalu lemas, dan susah konsentrasi,” ujar Dr. Ferryal Loetan, ASC&T, DSRM, MKes.

UDAH TAU BELUM? Ini Dia 21 Penyakit dan Bahaya yang Diakibatkan dari Seks di Luar Nikah

Seseorang yang sudah kecanduan masturbasi, biasanya cenderung suka melamun. Hal yang dilamunkannya nggak jauh dari fantasi-fantasi porno yang pernah dilihat. Makanya nggak heran kita jadi nggak fokus dan sulit berkonsentrasi kalau sudah kecanduan masturbasi. Alhasil, prestasi kita akan menurun drastis. Bahayanya lagi, kalau sudah pada tahan kecanduan, maka akan susah untuk berhenti. Bukannya lebay, tapi kecanduan masturbasi bisa bikin masa depan kita suram! Sumpah, deh…

Mungkin kita ada niat untuk menghentikannya, tapi nggak tahu gimana caranya. Apalagi kalau otak sudah dikuasai oleh fantasi pemicu masturbasi. Beberapa poin di bawah ini mungkin bisa jadi acuannya. Langsung cek aja, guys…

1. Berpikir Positif

Hindari pikiran-pikiran yang berbau pornografi. Salah satu caranya dengan membuang jauh-jauh apapun yang menjadi sumber pornografi. Misalnya memblokir web porno, membuang majalah porno, dan sebagainya. Biasakan diri untuk tidak menyentuh itu semua. Mulailah membaca atau menonton hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pornografi dengan memilih tontonan yang lucu, informatif, dan sebagainya. Supaya pikiran porno perlahan sirna dari kepala.

 

2. Menyibukkan Diri

Reporter : Meryam Zahida
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×