Sering Nggak Disadari, Ini Dia Perilaku Cowok Yang Paling Bikin Kesel Cewek. Catet!

  • Kamis, 6 April 2017 12:30 WIB

Sering Nggak Disadari, Ini Dia Perilaku Cowok Yang Paling Bikin Kesel Cewek. Catet!

Udah jadi rahasia umum kalo dibandingkan cewek, cowok cenderung nggak sensitif buat beberapa hal. Karena sifat inilah kadang-kadang cowok masih nggak sadar kalo udah ngelakuin sesuatu yang bikin cewek kesel. Salah satunya adalah kebiasaan buat mendominasi pembicaraan saat lagi ngobrol.

Misalnya, ketika lagi ngobrol sama gebetan tentang teknologi, kamu justru ngasih ‘ceramah’ panjang lebar seputar teknologi terbaru yang kamu tau. Atau ketika lagi ngobrol tentang rencana liburan ke luar negeri, kamu justru bicara banyak tentang kondisi politik di negara tujuan. Apalagi pas kondisi pilkada lagi rame kayak di Jakarta sekarang, gebetan kamu bahas apa, kamunya bahas apa.

Para cowok tanpa disadari sering nganggep cewek butuh instruksi atau panduan tentang suatu hal. Cewek dianggap lemah di topik khas cowok seperti politik, teknologi, hingga olahraga. Tanpa diminta, cowok cenderung ngerasa perlu ngasih berbagai ‘ceramah’ dan informasi terkait hal-hal tersebut.

Nah kebiasaan cowok yang suka mendominasi pembicaraan dengan ngasih penjelasan yang detail ini sering disebut sebagai ‘mansplaining’. Sikap sok menggurui dan ngerasa lebih tau ini tentu aja bikin semua orang sebel, termasuk cewek.

Jangan sok tau deh!
Jangan sok tau deh!

Susan Krauss Whitbourne Ph.D, Profesor Psikologi dari Universitas Massachusetts bilang, kalo kebiasaan cowok yang suka mendominasi pembicaraan atau ‘mainsplaining’, terjadi karena cowok ngerasa lebih superior dibanding cewek di topik-topik tertentu.

Padahal nih, faktanya banyak cewek yang juga ahli di bidang-bidang yang cowok anggep lebih tau. Tentang teknologi misalnya, bahkan CEO raksasa teknologi Yahoo adalah seorang cewek. Di bidang olahraga, cewek juga nggak kalah keren dan berprestasi. Pengetahuan tentang olahraga pun juga nggak cuma cowok aja yang tau, buktinya presenter sepak bola cewek pun udah banyak kan sekarang.

Nah kecenderungan cowok sok tau kayak gini nih yang kadang bikin cewek sebel. Padahal, daripada sekedar mendominasi pembicaraan, ada hal yang seharusnya cowok lebih banyak belajar nih, yaitu menyimak dan mendengarkan. Setuju?

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×