Pamer Foto Saat Olahraga ke Media Sosial Tanda Punya Kelainan Mental?

  • Jumat, 13 Oktober 2017 14:45 WIB

Ilustrasi | http://www.runnersworld.com | http://www.runnersworld.com/sites/runnersworld.com/files/styles/article_main_image_2200px/public/articles/2016/02/run-faster-breathing.jpg?itok=wt9wTNJp

HAI-ONLINE.COM - Pernah nggak merasa terganggu kalau ada teman-teman yang hobi memasang foto sedang olahraga di media sosial? Bukannya iri sih, tapi kok kayanya nggak perlu setiap melakukan itu diposting. Nah, ternyata ada studi yang bilang pamer foto lagi olahraga tandanya punya kelainan. Benar nggak sih? Cek nih!

Cek deh: Dasar Kids Zaman Now, Viral Anak Sekolah di Purwokerto yang Pakai Plat Nomor Thailand, Ditilang Deh!

Kelainan psikologis

Menurut studi yang digagas oleh Brunel University London, orang yang memiliki kelainan mental dan narsistik menikmati perhatian publik ketika mereka mengunggah foto menu makanan sehat dan foto sedang berolahraga di media sosial.

Periset mengoleksi data dari 555 pengguna Facebook yang bersedia menjadi responden untuk diteliti mengenai perilaku dan karakter mereka. Studi menemukan bahwa korelasi karakter seseorang dengan perilaku mereka di media sosial biasanya memperlihatkan potensi narsistik.

Narsistik sangat terlihat pada pengguna Facebook yang hobi mengunggah foto mengenai pencapaian hidup mereka dan berharap mendapatkan pujian dari teman-teman. Perilaku narsistik ini termasuk mereka pencinta crossfit yang rajin memamerkan foto gerakan dan latihan setiap waktu di media sosial.

“Orang-orang narsis terlalu rajin memperbarui status dan foto mengenai proses diet serta rutinitas olahraga mereka. Mereka menggunakan Facebook untuk memperlihatkan pada dunia bagaimana perubahan fisik setelah latihan,” tulis peneliti pada hasil akhir studi.

Lagi pacaran pun sama

Nggak hanya orang yang hobi pamer foto lagi olahraga, penelitian ini juga meneliti para pengguna socmed yang hobi posting foto tentang sang pacar atau saat mereka lagi pacaran. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa orang-orang yang punya hobi seperti itu ternyata punya tingkat percaya diri yang rendah dan bahkan mungkin minder dalam kehidupan nyatanya. Nah, lho!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Pamer Foto Saat Olahraga di Media Sosial, Anda Mungkin Kelainan Mental"

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×