Ini Bedanya TTM dengan HTS

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

Ini Bedanya TTM dengan HTS

Apa bedanya TTM (Teman tapi mesra) dengan HTS (Hubungan tanpa status)? Sepintas TTM keliatannya sama dengan HTS. Tapi kata para pelakunya, TTM beda dengan HTS. TTM lebih "enteng" dan lebih "aman"!

Konon kabarnya ini imbas dari hubungan persahabatan antara cewek dengan cowok. Upss, kayak apa sih yang namanya TTM itu?

"Kayak apa ya? Yaah, temenan biasa aja. Ngobrol biasa, curhat-curhatan.... Cuma lebihnya bisa sambil sayang-sayangan juga. Rangkul-rangkulan, peluk-peluk dan pangku-pangkuan dikit.... Kadang kalo mau bisa juga sampe kissing lips. Tergantunglah, hehehe...," terang Doni, anak SMA 70 Jakarta.

Itu mah sama kayak HTS dong?!

"Tetap beda kalo menurut gue," samber Anas, temen Doni yang anak SMA 31 Jakarta.

"Kalo HTS tuh sebenernya penghalusan dari istilah selingkuhan aja. Kalo TTM bukan selingkuhan. TTM itu temenan, cuma ada ikatan emosional yang lebih hingga nyaris seperti pacar. Jadi sayang-sayangan yang dilakuin di TTM murni keluar gitu aja karena kita emang ngerasa sayang. Kalo HTS kan sayang-sayangannya lebih karena memanfaatkan peluang buat nyalurin nafsu," repet Anas, serius.

"Betul! Kalo HTS hubungannya cuma sesaat. Begitu nggak HTS-an lagi ujung-ujungnya jadi renggang. Apalagi kalo cewek kita tau sama HTS-an kita. Tapi kalo TTM nggak, hubungannya tetap berlanjut sampe kapanpun. Soalnya namanya juga temen, saat kita butuh atau dia butuh, pasti selalu ada," timpal Doni, cepet.

Ada yang punya pendapat lain?

"Mungkin kalo dibikin definisi, TTM adalah hubungan persahabatan antara cewek dengan cowok, yang batinnya udah sampe taraf ngerasa saling ketergantungan. Cuma bukan ketergantungan fisik, lebih pada ketergantungan psikologis. Maksud gue, kalo TTM itu kita dan dia sama-sama membutuhkan sesuatu dari masing-masing. Dan itu lebih ke soal ketenangan jiwa. Kalo pada akhirnya jadi sayang-sayangan, itu ekspresi dari rasa nyaman saat deket dengan dia aja," selak Hendra, anak SMA 21 Jakarta.

Kita stop dulu perdebatan soal TTM dan HTS di sini. Bisa nggak kelar-kelar ngomongnya. Isi kepala orang beda-beda toh? Yang jelas kalo ditilik-tilik, emang ada perbedaan antara TTM dengan HTS. Bener kata Anas, kalo HTS itu sebenernya cuma penghalusan dari istilah selingkuh aja. Begitu udah "puas", ya lepas! Selama HTS-an pun nggak ada aturan kita dan HTS-an mau ber-HTS berapa lama, terus nggak ada larangan kita dan HTS-an mau ber-HTS sama berapa orang dalam waktu bersamaan.

Tapi kalo persamaan TTM dengan HTS ada nggak?

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×