Psycho

Ini Arti Garis Di Bawah Tanda Tangan

Cie Eko Nugroho diminta tanda tangan sama Cinta

Banyak cara dan faktor untuk mengetahui kepribadian atau karakter seseorang. Kalau HAI pernah membahasa membaca karakter dari bentuk muka, kali ini ada lagi yang bisa bisa dibaca untuk mengetahui sebuah karakter yaitu tanda tangan.

Beberapa orang memiliki garis di bawah tanda tangannya. Mungkin aja garis tersebut nggak disadari terbentuk begitu saja saat membuat tanda tangan, tapi siapa sangka ternyata garis tersebut related dengan karakter seseorang.

Sebuah studi yang dilakukan psikolog dari Uruguay, Belanda, dan Curago, yang terbit dalam Journal of Research in Personality meneliti 500 tanda tangan dan menganalisanya. Peneliti melihat gaya tanda tangan dengan menilai kepribadian dari sisi harga diri, nilai sosial, narsisme, hingga kemampuan bersaing individu.

Dalam studi tersebut ditemukan individu yang memiliki tanda tangan dengan ukuran dan bentuk besar memiliki jiwa liberal. Sementara, individu yang memiliki tanda tangan dengan garis di bawah tanda tangannya memiliki sifat narsisme yang tinggi.

Studi serupa juga dilakukan pada 2013, para peneliti mengukur 600 tanda tangan CEO dari beberapa perusahaan dan menemukan CEO dengan tanda tangan yang lebih besar memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, memperkaya diri sendiri, dan mengabaikan kepentingan orang lain. Sedangkan orang-orang yang punya tanda tangan berukuran kecil dianggap berkepribadian lebih pendiam dan rendah diri.

Kalau tanda tangan kamu kayak gimana, nih?

 

Meryam Zahida

Berkarir di HAI adalah sebuah alter-ego. Morning person yang lincah, pecinta "me time" yang berbahaya. Pernah bercita-cita jadi vokalis band rock

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×