Psycho

Hati-hati, Punya 3 Jenis Teman Kayak Gini Justru Bikin Kamu Gampang Sakit

Ilustrasi

Mungkin udah banyak penelitian yang bilang kalo persahabatan dan pertemanan saling berkorelasi satu sama lain. Semakin baik kualitas persahabatan, maka semakin baik pula kesehatan yang dimiliki oleh seseorang. Tapi ternyata pertemanan nggak melulu bikin kesehatan selalu membaik loh. Faktanya para ahli juga ngingetin kalo ada jenis teman yang justru bikin kesehatan kamu menurun dan gampang sakit.

Ada beberapa tanda yang ngasih indikasi terkait pertemanan yang kurang sehat dan punya dampak bagi tubuh kamu kalo dibiarkan terus menerus. Seorang pakar hubungan, India Kang, udah mengidentifikasi tiga tanda kalo seorang teman udah jadi ‘racun’ bagi kesehatan kamu.

Seperti dikutip dari Mail Online, Kang ngejelasin kalo kamu udah ngerasain tiga tanda ini di pertemanan kamu, ada baiknya buat jaga jarak sementara dengan teman kamu tersebut, hingga kualitas pertemanan muncul kembali. Mau tau apa aja sih tandanya? Cek di bawah inI:

Nggak Pernah Hubungin Kamu

Komunikasi nggak lancar
Komunikasi nggak lancar

Kalo kamu selalu berada di pihak yang selalu mempertahankan hubungan pertemanan, sedangkan temen kamu nggak pernah peduli buat sekedar nanya kabar, mending ngejauh sejenak deh. Menurut Kang, kalo dulunya kamu punya sahabat dekat tapi sekarang justru jadi berat sebelah, ada baiknya kamu mulai fokus sama temen yang juga peduli sama kamu.

Keseimbangan dalam pertemanan diperlukan supaya kamu bisa dapet manfaat kesehatan mental. Seperti dapet dukungan, tempat berbagi, sampe nguatin ketika kamu lagi ngerasa sendiri. Sebaliknya, kalo kamu justru fokus sama temen yang nggak peduli, sama aja dengan nggak punya teman dan berdampak pada kesehatan mental kamu. Kalo mereka bener-bener mau berada dalam hidup kamu, mereka akan ngehubungin kamu buat nunjukin kepeduliannya.

Sering Bikin Kesel dan Marah

Sering Bikin Kesel dan Marah
Sering Bikin Kesel dan Marah

Salah satu cara buat tau temen jenis ini adalah ngeliat perubahan suasana hati kamu sesaat setelah ketemu dan nongkrong bareng sama dia. Menurut Kang, kalo kamu cenderung lebih sering ngerasa kesel dan marah kalo abis ketemu sama dia, ada baiknya kamu mulai ngejauh sejenak dari pertemanan jenis ini.

Karena kondisi ini justru nggak baik buat kesehatan kamu, seperti bikin tekanan darah naik dan berbagai masalah kesehatan yang lain. Ada baiknya kamu lebih sering ketemu dengan temen yang ngebawa kesenangan secara positif.

Suka Nyinyir dan Ngritik Cita-cita dan Harapan Kamu

Suka Nyinyir dan Ngritik Cita-cita dan Harapan Kamu
Suka Nyinyir dan Ngritik Cita-cita dan Harapan Kamu

Jenis temen yang satu ini mungkin sering nggak keliatan sifat aslinya ketika ada di hadapan kamu. Menurut Kang, teman-teman semacam ini justru mematahkan semangat kamu dan berpotensi bikin hidup jadi kurang bergairah, datar, serta jadi sulit puas dan bahagia. Ngasih kritikan emang hal yang bagus, tapi bukan berarti terus mematahkan semangat seseorang saat ingin merencanakan sesuatu. Karena sebagai seorang teman, ngasih semangat dan support satu sama lain juga sangat dibutuhkan.

“Berinvestasilah pada teman-teman yang benar-benar ingin menghabiskan waktu bersama kamu, baik dalam situasi sedih maupun bahagia. Memiliki teman yang positif nggak hanya bisa bikin hidup terasa lebih bermakna, namun juga ngasih manfaat sehat, terlebih secara mental,” kata Kang. Tuh dengerin!

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×