Fatal Banget, Ini 3 Akibat Buat Kamu Yang Doyan Bikin Hutang!

  • Kamis, 23 Februari 2017 13:30 WIB

Fatal Banget, Ini 3 Akibat Buat Kamu Yang Doyan Bikin Hutang!

Makin hari, beem-nya alias banyak mau-nya kita tuh pasti makin banyak. Yang bikin sebel, harga barang-barang yang kita pengen juga makin mahal dan bikin tabungan kita nggak cukup buat memenuhinya. Alih-alih ngelakuin hal kriminal, seringkali kita milih buat berhutang. Yap, entah ngutang sama bokap-nyokap, atau sama temen yang duitnya lebih banyak. Jadilah, hutang kita lebih bengkak daripada duit jajan yang dikasih ke kita.

Tapi, jangan sampe kamu kenalan sama yang namanya rentenir alias lintah darat. Bunga yang mesti kamu bayar, bisa berkali-kali lipat, lho!

Ya, kalopun nggak sama lintah darat, tapi kalo judulnya tetep sering ngutang, ini 3 akibat yang bisa kamu alami.

https://1.bp.blogspot.com/-S87fuwCaqwc/WKwFciNwreI/AAAAAAAACu4/FSF2Av9ADsEAR_O9ntcxyhhgfbJ6js76wCLcB/s1600/BUKAAN%2B8%2B03.JPG
Jangan kayak Alam di film Bukaan 8
Utangnya banyak, bro!

Fatal banget ih, ini 3 akibat buat kamu yang doyan bikin hutang!

1. Dimarahin Orang Tua

https://3.bp.blogspot.com/-CPpKD-S3BKY/WKwF2AjDFZI/AAAAAAAACvI/Zkqqrci1P30VtZ0Q5qW17g0_xVMJzHjsQCLcB/s1600/Ilustrasi%2Butang%2Bhopeforhurtingparents%2Bwordpress.jpg
Dimarahin orang tua
Foto by: hopeforhurtingparents.wordpress.com

Emang, sih, kalo minjem ke orang tua, biasanya mereka bakal lebih selow buat netapin tanggal pembayaran. Malahan nggak jarang, kalo mereka punya rejeki lebih, mereka nggak akan nganggep pinjaman itu sebagai sesuatu yang harus kamu bayar balik.

Tapi, kalo ngutangnya buat beli motor, terus motornya kamu ilangin padahal utang juga belom lunas, duh, pasti bisa dimarahin tuh!

2. Jadi Tukang Ngeles Dadakan

https://2.bp.blogspot.com/-HuGG53DD_24/WKwFeA-QkCI/AAAAAAAACvE/iMAiEntJt_8HAf6pXZKn84PNtpg28v-GACLcB/s1600/Ilustrasi%2Butang%2Bpbs%2Borg.jpg
Foto by: pbs.org

Yap, kalo belom punya duit buat bayar utang ke temen, kita biasanya langsung nyari-nyari alasan buat menghindar dari kewajiban membayar. Tapi kalo sehari dua hari, seminggu dua minggu, sebulan dua bulan belom kita bayar juga utangnya, segala alasan lo pasti udah basi alias nggak bisa dia terima tuh. Wah, bisa-bisa temen kita malah bawa pasukan buat ngejegal kita. Duh, serem! Mendingan bayar deh utang lo dan jangan ngutang-ngutang lagi, bro!

3. “Dibunuh” di Media Sosial

https://2.bp.blogspot.com/-OieR6TD-yWI/WKwFeEqX5yI/AAAAAAAACvA/SDly1ZvRgZI7f3NJIcQBqEtK_6eYVTYBQCLcB/s1600/Ilustrasi%2Butang%2B-%2Byourteenmag%2Bcom.jpg
Foto by: yourteenmag.com

Nah ini yang paling serem. Utang udah numpuk, nggak dibayar-bayar pula. Kemaren lusa minjem buat beli bakso. Kemaren minjem buat nonton. Hari ini minjem duit buat ngajak cewek kita nge-date. Beuh, utang numpuk dan nggak dibayar, bisa-bisa nama lo dipromosiin langsung di media sosial. Boro-boro dapet followers baru. Yang ada malah dihujat-hujat, lho!

Nah, daripada kebanyakan hutang, mending ngerem nafsu buat beli ini itu aja ya. Nabung dulu, lama-lama juga kebeli kok, barang yang kita mau. Setuju?

Reporter : Jeanett Verica
Editor : Jeanett Verica

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×