Psycho

5 Hobi Ini Bakalan Bikin Kita Cerdas, Cobain yuk!

Traveling bareng

Kecerdasan seseorang dipicu bukan karena gen (keturunan) dan nggak mutlak dimiliki. Beberapa kondisi bisa menurunkan kapasitas dan kemampun otak menjadi cerdas, seperti penyakit. Namun, ada beberapa aktvitas yang kalau dilakukan secara rutin, konsisten, dan sepenuh hati, justru memicu peningkatan kecerdasan otak.

Menyenangkan rasanya kalau kita bisa cerdas lewat hobi yang kita lakukan. Ini terbukti. Ada beberapa jenis hobi yang nggak kita sadari membantu mencerdaskan otak kita. Kalau kamu punya hobi yang dibahas di artikel ini, bisa jadi kecerdasan kamu sedang meningkat!

Traveling

Energi yang terkuras ketika melakukan perjalanan jarak jauh mampu membantu kita dalam mengurangi tingkat stress dalam otak. Ketika stres berkurang, seseorang akan lebih fokus pada hal-hal yang ingin dia lakukan. Melakukan pengamatan saat traveling membantu kita memahami akan suatu budaya, wawasan kita pun akan bertambah. Ini tentunya jadi asset positif bagi otak.
 

Main Alat Musik

Musik mampu mestimulasi otak, ini adalah pernyataan yang udah disetujui dan dibuktikan oleh sejumlah peneliti hebat di seluruh dunia. Musik dipercaya punya kemampuan untuk mempengaruhi sisi emosional kompleks manusia dan kondisi psikologisnya. Peneliti menjelaskan bahwa mendengarkan musik sekaligus memainkan alat musik membantu meningkatkan kemampuan mengingat atau memori seseorang. Memainkan alat musik juga membantu kita untuk menguji kesabaran dan melatih ketekunan karena memakan waktu lama dan menggali niat pada seseorang saat melakukannya. Apalagi konsentrasi jadi meningkat kalau dilakukan secara rutin.

Memasak

Cowok juga boleh, loh, punya hobi memasak. Liat aja, kebanyakan chef terkenal adalah cowok. Beruntung kalau kamu punya hobi masak, karena biasanya orang yang hobi masak memiliki jiwa kreatif yang tinggi. Ia memiliki komitmen yang kuat untuk menyajikan hidangan dengan rasa yang tepat, tekadnya bulat untuk memberikan makanan dengan kualitas terbaik. Orang yang hobi masak juga perhatian terhadap hal-hal kecil dan mengasah keterampilannya dari waktu ke waktu. Ini merupakan tanda-tanda orang berotak cerdas.

Menulis

Selain membantu meningkatkan kemampuan linguistik, hobi menulis akan meningkatkan kreativitas, menggali imajinasi, mengasah keterampilan, melatih fokus, dan mengekspresikan diri sendiri. Orang yang hobi menulis juga membuatnya lebih konsisten dalam suatu hal. Dari semua hobi yang ada, bisa dibilang menulis adalah yang paling utama menandakan peningkatan pada kecerdasan otak manusia.
 

Membaca

Sekarang ini banyak orang yang jadi suka membaca. Sesimpel membaca berita online atau caption. Tapi akan lebih baik lagi kalau kita juga membiasakan diri untuk membaca buku. Membaca buku mampu meningkatkan kecerdasn otak, entah itu bacaan fiksi, non-fiksi, biografi, antologi, dan sebagainya. Orang yang rajin membaca akan memiliki banyak inspirasi. Dia juga akan memiliki imajinasi yang luas, sehingga dia terhindar dari stress. Orang yangrajin baca buku biasanya memiliki kedamaian hati dan lebih sejahtera. Apalagi rajin membaca membuat seseorang lebih siap menghadapi sesuatu lantaran udah didukung ilmu pengetahuan yang luas. Membaca juga membuat kita lebih produktif dalam mencapai cita-cita.

 

Meryam Zahida

Berkarir di HAI adalah sebuah alter-ego. Morning person yang lincah, pecinta "me time" yang berbahaya. Pernah bercita-cita jadi vokalis band rock

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×