5 Hal Yang Bisa Memicu Band Bubar dan Cara Mengatasinya

  • Selasa, 10 April 2018 21:45 WIB

Ini 5 Penyebab Band Sekolah Bisa Bubar | Youtube.com

HAI-Online.com - Masa sekolah bisa jadi masa yang pas buat mengekspresikan diri. Lewat banyak kegiatan, kita diajak buat jadi orang yang kreatif. Salah satunya lewat musik. Ya nggak?

Nah, salah satu kegiatan bermusik yang digandrungi para pelajar (selain dengerin musik) ya nge-band. Rasanya main band ala rockstar dan dilihat seisi sekolah bakalan gimana gitu rasanya.

Tapi nyatanya, jalanin band sekolah juga nggak segampang yang dibayangin, lho. Banyak faktor yang biasa bikin band sekolah bubar. Logikanya, band yang udah tour ke mana-mana aja mungkin banget bubar, apalagi (cuma) band sekolah.

Hmmm, berikut 5 hal yang biasa bikin band sekolah bubar. Yuk, disimak!

1. Nggak bisa ngatur waktu

Bisa jadi ini faktor penting yang bikin band bubar. Apalagi kalau masing-masing personelnya "sibuk". Ada les inilah, itulah. Belum lagi kalau punya ekskul lebih dari  satu. Waduh, bakalan ribet ngaturnya. Itu belum kalau ada personel yang telat  dateng latihan. Kelihatannya sih sepele, tapi bisa bikin berantem juga, lho.

Cara mengatasinya adalah, kalian bisa merekrut manajer. Ini penting, loh. Walau dia nggak megang instrumen, tapi manajer bisa bantu kalian untuk disiplin latihan dan bikin album. 

BACA JUGA: 3 Tips Menjadi Shredder Dari Gitaris Tercepat di Indonesia

2. Ada yang egois

Bisa solo gitar kayak Synister Gates atau John Petrucci emang (hampir) jadi mimpi semua gitaris. Tapi kalau lagi manggung pamer melulu, jelas bakalan bikin personel lain keki. Gara-gara  salah satu personel ngerasa paling jago, jadinya malah pengen pamer terus. Yang kayak gini juga sering bikin band sekolah bubar. Aturan mah, tahu diri jugalah. Kan main band, jadinya kudu kompak.

Reporter : Agung Mustika
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×