Health

Wah Bukan Cuma Permen, Korek Api Juga Bisa Jadi Narkoba!

Korek api bisa jadi bahan campuran narkoba

”Nipam* itu digerus halus, dicairkan lalu disuntikkan ke minuman ringan, susu ultra dan jajanan anak sekolah lainnya!” bocor Yerry Pattinasarany, mantan pecandu sekaligus pengedar narkoba.

Tenang, mas Yerry udah tobat memakai dan mengedarkannya ke anak-anak sekolah. Kepada HAI, dia justeru membongkar beberapa hal mengerikan, tentang gimana proses narkoba itu dibuat. Dan hasilnya mengerikan, guys! Beberapa jenis narkoba, ternyata memakai bahan campuran yang kita nggak nyangka, barang-barang itu ada di sekitar kita.

Kalo aja kamu tahu barang-barang itu apa, kamu bakalan males memakainya. Tapi sebaiknya nggak nolak buat sekadar tahu barang-barang ”berharga” apa aja yang bisa jadi bahan campuran narkoba?

”Tahu nggak permen cinta, itu cina punya. Bentuknya kayak permen lotte, di dalamnya itu ada semacam obat perangsang, bukan drugs, sih, biasanya perman itu dipesen pas valentine. Kalo di Belanda atau Eropa, mereka punya rate area. Jadi kalo dipake, seseorang bisa menyalurkannya,” bocornya soal permen yang sempat beredar di Indonesia.

Dia menginformasikan, permen-permen ”bahaya” yang masuk ke Indonesia justeru lebih bahaya, lantaran campuran bahan-bahan narkoba di dalamnya dibuat dari barang-barang yang justeru nggak layak dikonsumsi manusia.

”Campuran di kita itu yang bahaya. Coba bayangin campurannya aja bisa (pecahan) bohlam lampu. Untuk jenis ekstasi lokal, salah stau campurannya itu air seni manusia,” ungkapnya.

pecahan bohlam lampu
pecahan bohlam lampu

Yerry ngelanjutin, nggak cuma itu aja, beberapa campuran yang bisa bikin rusak organ tubuh karena menelan narkoba dengan bahan campuran berbahaya lainnya adalah juga ujung Korek Api, Semen putih dan baterai.

Penjelasannya, bohlam lampu bisa menjadi crystal narkoba yang memberi kesan murni. Banyak orang berpesta, minum narkotika buatan ini. Metamfetamin yang ini harganya murah. Orang cepat "high". Tapi mengonsumsi Crystal itu efeknya mengerikan. Sekali jatuh tidak bisa selamat.

Air seni mengandung Amonia, mirip dengan bahan pupuk. Senyawanya bisa jadi bahan tambahan pembuatan shabu-shabu.

Air seni bocah, iyuh!
Air seni bocah, iyuh!

Sementara ujung korek api, mengandung fosfor merah yang jika dikombinasikan dengan yodium dapat menjadi zat yang disebut Hydriodic Asam, sebuah bahan baku methamphetamines juga. Begitu pun Semen Putih dan asam baterai yang dicampur dan ditumbuk halus, lalu dicetak seperti pil ekstasi, hasilnya mirip, tapi ketika dikonsumsi, organ-organ tubuh bakal gampang infeksi dan bisa saja berhenti berfungsi.

korek api
korek api

Campuran-campuran barang ”berharga” yang sebenarnya bisa diperoleh dengan mudah di tukang kelontong dan barang-barang bekas atau bahkan di tempat sampah itu nyatanya sengaja dibuat biar pemakaian drugs-nya bisa lebih berat dari narkoba standard, tapi soal harga bisa jadi lebih terjangkau dari yang sudah ada.

”Pemakaiannya itu bisa kayak drugs yang berat, tapi harganya jadi ringan, karena (bahan campurannya) gampang banget didapetnya,” jelasnya lagi.

So, buat kalian yang udah tahu bahan-bahannya, siap-siap aja, narkoba bakal semakin banyak jenisnya. Dan kita bakalan capek kalo ngikutin mereka.

”Sekarang aja beredar tembakau sintetis. Wah ini menguntungkan si pengedar, karena orang-orang yang mau ngerebut pasar narkoba umum bisamelakukannya lewat tambahan hi-tech. Coba aja (jangan ditiru), beli temebakau sintetis gorila yang lagi hits itu di instagram, nggak lama ojek anterin,” jelasnya nggak bermaksud membuktikannya.

Namun lebih ke memberi tahu bahwa jenis narkoba satu itu membahayakan penggunanya, lantaran tembakau yang dijual katanya disemprot/direndem bahan-bahan campuran yang disebutin di atas.

Makanya percuma kita perangi narkoba dengan cara yang biasa, karena bakal ada lagi jenis narkoba yang baru. Nah, yang bisa kita lakukan sekarang adalah kita bisa kendalikan hal itu dari diri sendiri, bantuan keluarga dan juga say yes sama kegiatan-kegiatan positif kehobian kalian.

Mengingat juga semakin tingginya peredaran narkoba, terutama dengan cara-cara yang nggak disangka-sangka dan menyasar generasi muda seperti kita, tentunya kita harus semakin waspada. Dan, semakin tegas memilih hobi kita daripada narkoba.

Bukan Maher Zain lho ini penggagas gerakan Stop Cuek
Bukan Maher Zain lho ini penggagas gerakan Stop Cuek

Kalo pun nemu hal-hal yang mencurigakan, yuk kita ikut #GerakanStopCuek yang lagi digencarin sama Yupi, sebuah gummy-candy yang enak dan terbuat dari bahan-bahan yang sehat, yang ngajak kita buat menyadari banget pentingnya aksi melawan narkoba dengan cara yang fun!

Salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan adalah melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk diri kita, sehingga kita nggak gampang tergoda buat mencoba/memakai narkoba. Nggak hanya itu, Yupi juga mengajak para orangtua untuk saling bekerja sama dan ngedukung anak-anaknya untuk bikin kegiatan positif yang bisa menjauhkan kita dari narkoba.

Lewat kampanye YUPI STOP! NARKOBA ini, diharapkan semakin banyak anak-anak dan remaja Indonesia yang sadar tentang efek negatif narkoba dan berani untuk jadi diri sendiri. Dan tentunya, dengan tegas menyatakan Stop! kepada narkoba. Sehingga, kita bisa menjadi remaja yang fun, happy, smart, creative, dan healthy, sesuai dengan misi yang diusung Yupi.

Mending kita #SehatKuy dan bahagia dengan hobi kita. Setuju kan?

*) Pil Nipam itu sejenis pil BK atau obat yang dikonsumsi untuk mengurangi ansietas, merupakan jenis obat depresan turunan dari benzodiazepin. Secara medis, obat-obatan depresan dikonsumsi untuk mengurangi anxietas, dan untuk membantu tidur.

Ali Sobri

Jurnalis yang suka lari meski kadang nggak dapet medali. Penulis yang nggak bosen nyapa, meski kadang nggak balik disapa. Manusia yang menolak nyinyir namun nggak bisa nolak nyanyi dan ditraktir.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×