Nggak Nyangka! Ternyata Ini Dia Penyebab Nyamuk Suka Gigit Manusia

  • Sabtu, 14 April 2018 21:30 WIB

nyamuk Aedes Aegypti

HAI-Online.com - Binatang yang satu ini nggak mungkin bisa kita pelihara, tapi, dia selalu ada di dekat kita. Iya, namanya nyamuk. Bukannya nggak sayang sama doi, tapi, nyamuk emang harus diwaspadai guys.

Salah satu hal yang paling harus diwaspadai saat musim hujan adalah gigitan nyamuk yang membawa bibit penyakit. Selain itu, gigitan serangga tersebut sering mengganggu aktivitas kita. Apa sebetulnya yang membuat nyamuk menyerang dan menggigit kita?

Seperti informasi yang HAI kutip dari Kompas.com, baru-baru ini, sebuah penelitian menyebutkan ada 400 senyawa kimia pada kulit yang merangsang nyamuk buat menggigit lo. Dr. Cameron Webb dari University of Sydney menjelaskan setiap spesies nyamuk memiliki karakterisitik berbeda-beda, salah satunya adalah kandungan karbon dioksida di tubuh kita.

WAJIB CEK: Ini Dia 12 Kota Termurah di Dunia yang Wajib Dikunjungi pada 2018

"Seekor nyamuk bisa mencium bau karbon dioksida yang kita hirup. Hal ini menjadi pembeda umum antara nyamuk dengan hewan berdarah panas seperti burung, sapi, atau kanguru. Selain itu, hanya nyamuk betina yang menggigit karena mereka butuh nutrisi untuk mengembangkan telur," kata Webb dikutip dari ABC News, Minggu (3/12).

Begitu nyamuk mendekat, ia akan mencari bau keringat dikulit untuk menemukan kulit yang memiliki sumber darah banyak.

"Penelitian asam laktat dalam keringat menunjukkan bahwa itu adalah penyebab utama nyamuk menggigit Anda. Ini juga berlaku untuk spesies yang menggigit manusia," sambung Webb.

Jika lo masih menganggap mandi setelah berkeringat dapat menghindari gigitan nyamuk? Hmm.., itu belum tentu bener. Ada banyak faktor nggak hanya asam laktat di keringat, tetapi termasuk bakteri pada kulit lo yang mengeluarkan bau dan menarik perhatian nyamuk tertentu.

KOCAK ABIS: Kocak! Ini 8 Jersey Klub Sepak Bola Teraneh Sepanjang Masa

"Ini seperti pergi ke bar dan memilih antara koktail yang berbeda, beberapa terlihat seperti margarita dibandingkan mojito," imbuh Webb.

Sumber : kompas.com

Reporter : Rian Sidik
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×