Kabar Bahagia! Ilmuwan Sedang Mengembangkan Vaksin Pencegah Jerawat!

  • Selasa, 11 April 2017 19:00 WIB

Ilustrasi kulit wajah berjerawat

Jerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh mayoritas remaja saat sedang beranjak dewasa. Walaupun kesannya sepele, buat kamu yang jerawatan pasti ngerasain gimana ngeselinnya ‘penyakit’ yang satu ini. Nggak cuma sakit kalo dipencet, efek jerawat yang paling parah adalah bikin nggak pede kalo lagi ketemu sama orang. Belom lagi cara ngatasinnya yang susahnya minta ampun.

Nah buat kamu yang udah sebel banget sama jerawat, ada kabar baik buat kamu. Sebentar lagi mungkin bakalan ada vaksin pencegah jerawat! Sekelompok ilmuwan dari University of California baru-baru ini sedang meneliti vaksin untuk mengobati jerawat.

Peneliti utama buat proyek ini, Eric C. Huang bilang kalo proyek mereka ini termasuk sebagai proyek yang sulit buat dilakukan. Butuh waktu lama bagi timnya buat menciptakan vaksin yang efektif buat ‘membasmi’ jerawat. Hal ini disebabkan karena penyebab jerawat yang melekat di kulit manusia.

“Sebagian jerawat disebabkan oleh bakteri P. Acnes yang memang ada di kulit hampir sebagian waktu hidup kita,” kata Huang seperti dikutip dari Kompas.com

Menindaklanjuti Jerawat Bandel
Menindaklanjuti Jerawat Bandel

“Kami nggak bisa bikin vaksin sembarangan, karena ada jenis P. Acnes yang baik untuk kita. Tapi, kami telah menemukan antibody buat melawan protein beracun yang disekresikan oleh bakteri ini. Protein ini menyebabkan peradangan yang akhirnya menimbulkan jerawat,” jelas Huang.

Setelah proses ini selesei, langkah selanjutnya adalah proses uji coba vaksin pada pasien dalam sebuah uji klinis. Fase ini juga diperkirakan memakan waktu cukup lama yakni satu sampai dua tahun.

“Setelah itu, jika kami berhasil, kulit kita akan bebas dari jerawat,” kata Huang. Semangat pak, kita tunggu vaksinnya!

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×