Ini 5 Cara Ningkatin Motivasi Berolahraga

  • Rabu, 7 Februari 2018 22:45 WIB

5 Cara Meningkatkan Motivasi Berolahraga | Kompas.com

HAI-Online.com - Berolahraga emang wajib dilakukan buat menjaga kesehatan.
Tapi bukan berarti menjaga niat dan motivasi itu gampang. 
Kan segala sesuatu berawal dari niat. Ya nggak? Hehehe..

Kalau lo merupakan satu dari sekian orang yang baru pengen
mulai olahraga besok (entah lari, sepedaan, atau nge-gym) ada berbagai cara, 
buat meningkatkan motivasi berolahraga.

Dilansir dari Kompas.com, ini dia 5 cara ningkatin motivasi
berolahraga. Cekidot!

1. Bikin tujuan yang realistis
Umumnya orang yang 'tiba-tiba' niat berolahraga, biasanya punya
target yang idelasi. "Gue pengen turun sepuluh kilo!" Nggak salah, sih.
Cuma doi nggak tahu kalau itu bakal ngelewatin proses yang berat banget
dan dia pasti bakal nggak kuat awalnya.

“Pemula biasanya menginginkan hasil maksimal, tetapi mereka cenderung kewalahan”, kata Gerald Endress, 
seorang psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara.

Mendingan coba bikin tujuan yang lebih masuk akal. Misalnya, olahraga 20-30 menit
selama 2 atau 3 kali seminggu biar sehat. Kalau udah terbiasa, baru ditambah.

2. Hilangin rasa bersalah
Realistis ajalah. Lo pasti bakal ngelewatin tahap 'bolos' dari jadwal
olahraga yang udah lo janjiin sama diri sendiri. Kalau tahu lo bakal
bolong 1-2 kali olahraga, mental lo bakal lebih siap memaklumi. Bukan biking nyerah.

3. Fokus sama diri sendiri
Lo pasti bakal nemuin orang-orang yang lebih kuat, lebih tahan lama, atau lebih 
berotot. Jangan bandingkan diri dengan mereka, kata Endress. Jangan pernah
biarin orang lain menghalangi niat lo. Waktu olahraga lo, adalah waktu lo sendiri.

4. Bikin grup penyemangat
Cari orang-orang yang lo bisa ajak olahraga bareng. Cari temen yang supportif.
Jangan yang pesimis dan bilang,"ah ngapain, sih, mending Mabar wae."
Lo bisa ajak keluarga, teman, pacar, atau temen nongkrong. Bikin grup sendiri
kalau perlu. Buat saling ngajak dan ngingetin.

5. Cari olahraga yang lo suka
Inget, olahraga nggak harus nge-gym. Bisa juga lari, futsal, badminton, naik gunung,
sepedaan, ping-pong dan masih banyak lagi. 

Kalau lo nggak termotivasi bisa jadi lo nggak suka sama olahraga itu. Olahraga yang lo
suka bikin waktu olahraga jadi sesuatu yang lo nanti-nantikan. 

Sumber : http://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/05/164700520/10-cara-meningkatkan-motivasi-untuk-berolahrag

Reporter : Agung Mustika
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×