Health

Bukan Cuma Kurang Minum, Ini 6 Penyebab Mulut Kering yang Perlu Diwaspadai

Dehidrasi parah pertanda diabetes

Mulut yang kering sering bikin kita nggak nyaman dalam melakukan hal-hal sederhana seperti bernapas, bicara, mengunyah, bahkan tidur. Penyebab mulut kering dan bagaimana mengatasinya memang simpel banget: pasti kurang minu!. Tapi kurangnya air liur pada saat mulut kering, merupakan tanda dari masalah kesehatan yang cukup serius dan perlu diatasi segera lho.

“Jika Anda mengalami mulut kering dan udah meminum banyak air putih, tetapi mulut tetap kering, bisa jadi karena ada masalah medis dibaliknya,” ujar dokter di One Medical, Arizona, Natasha Bhuyan, M.D.

Yang jelas sih, untuk bisa menangani masalah mulut kering ini secara cepat, kita harus mengetahui apa aja penyebab selain sekedar kurang minum. Berikut enam penyebabnya:

1. Ada penyakit autoimun

Menurut The National Institute of Health, kondisi medis yang paling mungkin adalah adanya sindrom Sjorgen, yaitu penyakit autoimun yang membuat tubuh menyerang kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata dan air liur. Dua gejala yang umum terjadi adalah dari kondisi ini mata dan mulut menjadi kering.

Menurut Bhuyan, dokter mungkin menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gue, menghisap lozenges, atau ia mungkin juga akan menuliskan resep obat yang bisa meningkatkan produksi air liur.

2. Ngorok atau Mendengkur

Ngorok sepanjang malam akan menyebabkan mulut kita jadi kering, loh. “Jika kamu selalu mengalami mulut kering saat bangun pagi, maka ada indikasi klinis sleep apnea. Jadi, sangat layak agar kondisi ini dievaluasi oleh seorang dokter spesialisasi tidur, sehingga dengkuran bisa terkontrol,” ujar dokter Bhuyan.

3. Merokok

Merokok nggak cuma berbahaya bagi paru-paru, merokok juga bisa mengurangi produksi air liru hingga mulut kering.

4. Dehidrasi

Ini adalah penyebab paling umum yang menyebabkan mulut menjadi kering. Dokter Bhuyan pun menambahkan, yang harus kita lakukan ialah meminum air putih yang lebih banyak, maka nantinya kita pun akan merasa jauh lebih baik.

5. Sinusitis

“Siapapun yang memiliki deviasi septum (pembatas lubang hidung yang bengkok) atau polip, hidung biasanya akan sulit bernapas melalui hidung, sehingga mereka akan bernapas lewat mulut yang akhirnya menyebabkan mulut jadi kering,” ujar Bhuyan.

Ia juga menambahkan, “Kamu mungkin berpikir bahwa hal ini normal, dan nggak menyadari bahwa sebenarnya kamu memiliki deviasi septum atau masalah sinus lainnya. Jadi, jika kamu sering kesulitan bernapas lewat hidung, lebih baik periksakan segera ke dokter untuk melihat apakah ada masalah struktural." Selain itu masalah sinus juga bisa berkontribusi dalam hal mengorok.

6. Terinfeksi atau virus

Kondisi lain yang menyebabkan mulut menjadi kering adalah apabila seseorang terinveksi virus HIV/ AIDS, tapi ini bukan virus satu-satunya yang menjadi penyebabnya. Sebab, bisa aja virus atau infeksi lain yang menyebabkan mulut kita menjadi kering. Kita harus mengonsultasikannya pada dokter yang tepat.

 

Meryam Zahida

Berkarir di HAI adalah sebuah alter-ego. Morning person yang lincah, pecinta "me time" yang berbahaya. Pernah bercita-cita jadi vokalis band rock

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×