Bro, Inilah Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya. Jangan digaruk!

  • Senin, 8 Januari 2018 08:15 WIB

(Ilustrasi) gatal pada selangkangan | GIO/Hai

HAI-online.com – Bagi cowok, selain mules, mungkin cuma gatel di selangkangan yang bisa digolongkan sebagai bahaya laten. Artinya kurang lebih, dapat muncul kapan saja, dan harus segera diambil tindakan. 

Masalahnya, gatel di selangkangan tuh kalo digaruk, rasanya kurang sopan kalau dilakukan di depan umum. Paling, yang bisa kita lakukan adalah mencegah kemunculan rasa gatel yang kurang ajar itu (soalnya nggak tau malu kalo milih tempat muncul) Makanya, pertama-tama kita harus tau dulu apa yang menjadi penyebab kemunculannya. 

BACA: Ini 4 Tulisan di Belakang Truk yang Kocak dan Bikin Kita Mikir

“Mereka yang sering berkeringat, aktivitas luar ruang dan tidak mengganti celana dalam / telat mandi sering sekali terjadi dermatitis kontak iritan karena gesekan dan lembab. Kulit kemudian mudah lecet saat digaruk (karena kulit cenderung basah) dan selanjutnya memudahkan terjadinya infeksi baik jamur maupun bakteri,” jelas Dr. Eddy Karta salah seorang dokter spesialis kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Lokasi selangkangan menjadi favorit tumbuhnya gatal karena suhunya lembab dan hangat. Tapi pemicunya bisa bermacam-macam, misalnya:

Iritasi

Iritasi atau dikenal dengan Dermatitis Kontak Iritan misalnya akibat kelembaban dan bergesekan dengan lipatan celana dalam.

Eksim

Eksim, dikenal dengan nama Dermatitis Intertiginosa. Hal ini terjadi pada mereka yang memang punya masalah eksim. Mudah kambuh terutama saat sering berkeringat. Eksim lain misalnya eksim kering atau dikenal dengan nama Neurodermatitis atau liken simplek kronik. Hal ini dicetuskan stress. Biasanya pada pria terjadi di kantung kemaluan sedangkan pada wanita bisa terjadi di bibir kemaluan. Terutama pada orang dewasa

Jamur

Reporter : Wiji Adrian
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×