Health

Alamiah, Bau Badan Kita Ternyata Bisa Manggil Sesuatu Lho! Hiiiiiii

Alamiah, Bau Badan Kita Ternyata Bisa Manggil Sesuatu Lho! Hiiiiiii

Walaupun kamu nggak merasa punya bau badan, secara alamiah kamu tetap punya aroma badan yang khas dan spesifik.

Menurut ilmuwan, bau badan tiap orang itu unik, seperti halnya sidik jari. Bau badan bisa mengidentifikasi banyak hal, di nataranya bau badan kita bisa memanggil beberapa hal ini!

Pacar

Riset bilang, untuk nyari pasangan, kita harus punya bau yang beda sama calon pasangan kita. katanya, orang bau tubuhnya berbeda dengan bau tubuh sendiri dinilai lebih menarik.

Nah, dalam sebuah studi itu, cewek-cewek diminta menilai kaos yang udah dipakai cowok. Hasilnya, kalo kandungan kimia dalam keringat berbeda dibanding dengan keringatnya sendiri, cewek itu bakal menilainya lebih positif. Mereka tiba-tiba aja ada ketertarikan gitu!

Hmmm lain waktu coba suruh gebetan cium bau kaos kamu? Kalo matanya bersinar setelah mencium, maka dialah jodohmu, tapi kalo terpejam mungkin dia pingsan!

Nyamuk

Pernah kemping atau jalan-jalan ke hutan, terus kamu sering jadi sasaran gigitan nyamuk dibanding orang lain? Nah, mungkin aja aroma tubuh kamu penyebabnya.

Sebenarnya nyamuk senang menggigit siapa saja. Tapi ilmuwan memperkirakan, sekitar 20% orang di dunia "sangat menarik" bagi nyamuk karena aroma yang dikeluarkan badannya. Aroma itu letaknya pada gen. Tapi ilmuwan ngak nyebut bau seperti apa yang disukai nyamuk.

So, untuk kamuflasein aroma tubuh asli kamu, pakai aja lotion yang bisa bikin aroma tubuh berubah, biar perasaan nyamuk juga berubah. Jangan salah pilih aroma wewangian, karena bisa saja nyamuk malah lebih mau mendekat, mislanya aroma gula yang kamu pakai ke tubuh. Duh!

Anjing (Stres)

Ini bau yang nggak tercium oleh manusia, tapi anjing bisa mendeteksinya. Hewan berindra penciuman tajam ini sebenarnya bisa mencium rasa takut/stres. Makanya, anjing suka tau kegelisahan manusia yang suka stres karena pekerjaan atau masalah dengan teman atau keluarganya.

Namu yang perlu dicatat, stres tidak mengubah bau tubuh yang intrinsik, melainkan hanya menambah nuansa. Cuma anjing yang paham, emang!

Kanker

Seperti stres, penyakit juga menambah nuansa pada bau tubuh, tapi tidak mengubahnya. Sejauh ini para ilmuwan masih belum tahu gimana penyakit bisa nambahin efek itu. Yang jelas, pas kamu sakit ada aroma yang bisa tercium beda dari biasanya.

Nah, lagi-lagi, seekor anjing yang dilatih untuk mendeteksi kanker prostat misalnya bisa mengidentifikasi 30 penderita dari 33 orang pasien, dengan mencium bau urin mereka.

Nah lho!

Teman

Oh iya, kalo jarang mandi, tidak heran kalo kamu nggak banyak temannya hehehe. Tapi walaupun udah sering mandi, bau tubuh yang spesial untuk tiap orang ada lho yang bisa menyebabkan orang lain menghindar.

Jadi, ada sebuah eksperimen dengan keringat yang menunjukkan, bahwa orang bisa mengatakan secara akurat, apakah bau keringat itu milik orang yang ekstrover, dominan atau neurotis.

Nah, kalo bau keringat kamu termasuk ekstrem bisa aj sih bukannya manggil temen tapi ngejauhin temen. Tapi, nggak usha sedih, kan ada yang bisa kamu lakukan biar mereka balik lagi, coba periksa ke dokter dulu ya!

Makanan Tertentu

Pasti kamu juga udah tahu, ada makanan tertentu yang menyebabkan bau badan yang intensif, dan juga bikin bau mulut, bahkan bau air seni yang semerbak. Misalnya petai, bawang putih, bawang bombai, jengkol dan juga brokoli.

Penyebabnya, makanan berbau intensif dalam pencernaan diurai menjadi elemen-elemen berbau intensif, dan disirkulasikan di seluruh tubuh oleh darah. Itu bisa merambah ke luar lewat keringat, nafas dan urin. So, yang ini sih kamu yang jangan manggil makanan yang bikin bau hehehe!

Tukang Cuci

Terakhir, kamu harusnya tahu kalo selama ini punya baju yang gampang apek kayak dari serat buatan seperti poliester, sebaiknya baju ini harus sering dicuci. Karena tekstil jenis ini tidak bisa menyalurkan keringat dan bau badan ke luar, melainkan menutup jalan keluar sehingga bau badan jadi terperangkap di dalamnya.

Nah, kalo suda begitu kamu harus manggil tukang cuci, bisa diri kamu atau orang lain.

Sumber:huffingtonpost

Ali Sobri

Jurnalis yang suka lari meski kadang nggak dapet medali. Penulis yang nggak bosen nyapa, meski kadang nggak balik disapa. Manusia yang menolak nyinyir namun nggak bisa nolak nyanyi dan ditraktir.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×