Ada Bahaya Jika Kita Sering Mengonsumsi Buah Yang Dijus. Memang Lebih Baik Makan Langsung, Bro!

  • Kamis, 11 Januari 2018 09:30 WIB

Jus | Istimewa

HAI-online.com - Mungkin kita beranggapan dengan meminum jus buah akan baik bagi kesehatan. Namun nyatanya nggak begitu lho, guys! Kenapa begitu? Karena banyak jus buah yang mengandung kadar gula yang tinggi. 

Bahkan ada beberapa jus yang mungkin memiliki kandungan gula dan kalori yang mendekati minuman bersoda pada umumnya. Kadar vitamin dan antioksidan pada jus nggak dapat menutupi tingginya kadar gula pada minuman tersebut.

Saat kita makan buah yang nggak dijus, maka butuh usaha untuk mengunyah dan menelan buah tersebut. Kadar gula yang ada pada buah juga berikatan dengan struktur serat yang akan pecah ketika dicerna secara perlahan pada saluran pencernaan.

BACA: Eksim Itu Bukan Penyakit Gatal Karena Jamur, Bro. Ini 5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Karena berbagai alasan tersebut, kadar gula yang terdapat pada buah akan diserap ke organ hati dalam jumlah yang nggak terlalu banyak dan bisa dicerna oleh hati dengan baik. Namun, saat minum jus buah, kita mungkin mengonsumsi beberapa buah sekaligus dalam segelas jus. Hal ini menyebabkan gula yang diserap akan berlebihan dan diolah oleh hati dalam jumlah yang besar.

Gula yang terdapat pada buah-buahan adalah fruktosa. Hati adalah satu-satunya organ yang dapat mengolah fruktosa dalam jumlah besar. Saat hati mengolah fruktosa dalam jumlah berlebihan, sebagian dapat diubah menjadi lemak.

Di samping kadar fruktosa dalam buah, saat membuat jus, kita mungkin menambahkan pemanis seperti gula pasir atau susu kental manis. Nah, hal inilah yang diam-diam membuat jus buah jadi kurang sehat.

Walaupun jus buah dalam jumlah yang sedikit dapat terbilang aman bagi orang sehat dan aktif, bila dikonsumsi berlebihan justru dapat berdampak buruk bagi orang yang obesitas atau memiliki penyakit metabolik lainnya seperti diabetes (kencing manis), karena kadar gula yang tinggi dapat memperberat penyakitnya.

Meski begitu bukan berarti kita sama sekali nggak boleh minum jus buah lho. Nah, HAI punya tips nih untuk menyiasati bahaya terselubung dari jus buah. 

1. Buat sendiri jus buah favorit di rumah supaya kita tahu betul komposisinya 

Sumber : kompas.com

Reporter : HAI Internship
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×