5 Kesalahan Saat Mandi Yang Nggak Kita Sadari. Bikin Kulit Lo Rusak!

  • Selasa, 11 April 2017 14:00 WIB

Jangan mandi di Singapura, bro. Jauh!!

Mandi itu sama kayak kuliah, gampang mulainya, tapi susah untuk selesainya. Apalagi kalau udah keasikan. Hehe. Nah, karena keasikan saat mandi kadang kita kurang perhatian dengan cara-caranya. Dan mandi dengan cara yang asal aja. Yang penting basah, sabunan, bilas dan kering deh. Padahal ada sejumlah kebiasaan yang awalnya kita anggap baik-baik saja bahkan menyenangkan, eh tapi malah berisiko. 

Cek nih: 

Suhu Air Terlalu Panas 

Mandi air dingin itu memang jadi hal paling susah setelah bangun pagi. Tapi, kalau mau memanaskan air pun kamu mesti perhatikan juga. Pastikan nggak lebih dari 60 celcius. O ya, sekedar info, suhu normal kita untuk mandi adalah 35 celcius. 

Mandi Kelamaan. 

Nggak cowok, nggak cewek kadang suka menjadikan mandi adalah momen me time. Kalau udah gitu ya nggak cukup satu lagu doang. Untuk mandi kita bisa sampe sambil dengerin satu album. Atau malah ada yang dengerin albumnya Sinestesia Efek Rumah Kaca yang lagunya rerata 8 menit. Hehe. Padahal, menurut penelitian mandi kelamaan bikin kulit kita kering. So pastikan kamu mandi nggak lebih dari sepuluh menit. 

Pakai Sabun Yang Berbusa Banyak 

Ya gitu deh. Nyatanya, nggak cuma motor doang yang suka dicuci snow. Para pemiliknya juga kalau mandi doyan banget tuh kalau sampe berbusa-busa gitu. Padahal, semakin banyak busa yang dihasilkan dari sabun semakin banyak bakteri dan minyak yang mengikis kulit kita. Bisa bikin kasar juga loh. So, kecuali sabun itu dibuat khusus untuk kulitmu, maka batasilah penggunaannya. 

Memakai Sponges Yang Udah Buluk 

Gara-gara males beli, atau emang udah kelewat sayang sama sponge yang dipake untuk mandi, banyak tuh yang suka ngebiarin spongesnya sampe buluk masih terus dipake. Nggak baik, bro! bakteri suka tumbuh di sponges buluk kayak gitu. Pastikan kamu ganti sponges paling lama sebulan. 

Terlalu Bersemangat Handukan. 

Kadang, saat mengeringkan badan dengan menggosok-gosokkan handuk, kita suka pake tenaga untuk tarik tambang. Jadi terlalu kencang gitu biar cepet kering badannya. Itu bikin kulit kamu rusak,loh. Keringkan badan kamu dengan handuk yang lembut. Dan kalau pun mau menggosokkannya, inget kata KOTAK, bro, "Pelan-pelan sajaaaa." 

Selamat mandi!

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×