4 Fakta yang Mengungkap Mitos Bahaya Mandi di Malam Hari

  • Rabu, 10 Januari 2018 19:45 WIB

Mandi Air Hangat | HAI

HAI-online.com - Kalo nggak mandi, badan lengket semaleman. Tapi kalo mandi malam, nanti masuk angin. Lalu harus gimana? Jawabannya ada di sini.

“Jangan mandi malam, nanti kamu sakit.”

“Jangan mandi malam, nanti kamu masuk angin!”

Kalimat larangan ini pernah diucapkan ortu ketika kita ke kamar mandi dengan membawa handuk. Bukan di jaman kita doang kok, mitos larangan dan penyakit akibat mandi malam itu udah ada sejak ortu kita masih remaja. Makanya ortu suka risih kalau lihat kita mandi malam hari. Bahkan nggak jarang sederetan mitos-mitos diucapkan sama ortu supaya kita nggak mandi malam. Tapi kira-kira mitos itu bener nggak ya? Coba kita cek aja, nih, dari sisi kesehatan.

UDAH TAU BELUM? 5 Cedera yang Bisa Diderita ketika Kecanduan Game di Smartphone

 

1. Mandi Malam Bikin Rematik

Faktanya:

Sejauh ini belum ada bukti yang bisa menguatkan kalau mandi malam itu bisa menyebabkan penyakit rematik. Pada prinsipnya rematik atau nyeri pada tulang itu lebih disebabkan dari gaya hidup seseorang. Misalnya seberapa sering kita berolahraga, dan bagaimana kita menggunakan persendian itu. Penyakit rematik biasanya menyerang persendian dan anggota gerak, terutama tulang, sendi otot, dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Lagipula yang berpotensi terkena rematik itu adalah orang-orang yang udah lanjut usia, bukan remaja seumuran kita.

 

Reporter : Wiji Adrian
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×