Pelajar Lelah Ngadepin ”Monster” Setiap Hari!

  • Senin, 26 September 2016 18:15 WIB

Pelajar Lelah Ngadepin ”Monster” Setiap Hari! | Budi Cuprit/Pengarah Gaya @alsobry

Ada ”monster” yang setiap hari menggerogoti pelajar sehingga mereka susah bergerak. Nggak seperti main game, ”monster ” yang ini susah untuk ditaklukan, terutama bagi pelajar yang nggak punya waktu panjang. Monster itu bernama tugas sekolah. 

Yap, sesungguhnya pelajar sepakat, tugas itu penting, tapi nggak sebanyak itu juga kita menaklukan ”monster-monster” bernama PR atau tugas sekolah yang kadang menumpuk setiap harinya.

Nggak sedikit teman-teman di sekolah menengah mengeluhkan tentang banyaknya tugas yang diberikan sekolah. Alliya Puti misalnya, dia minta para guru mempertimbangkan jumlah tugas yang diberikan ke siswa biar pulang nggak kelelahan. Sekolah itu emang tempat belajar tapi seharusnya menyenangkan dan nggak bikin siswanya kecapean.

”Aku pribadi sama sekali nggak keberatan sama tugas-tugas, tapi tolong pertimbangkan kalo mau kasih tugas kebanyakan, solanya kan setelah jam sekolah banyak yang ambil les juga,” kata warga SMAN 8 Bandung mengeluh setiap pulang ke rumah bisa sampai larut malam karena numpuknya tugas.

Bukan cuma Alliya yang merasakan ”beban” tugas tersebut. Dari data survey online HAI kepada 417 responden siswa di beberapa kota besar, mengakui setidaknya rata-rata jumlah yang didapat dalam seminggu bisa mencapai 7 tugas. Di beberapa sekolah ada yang mengaku pernah mendapat 10 lebih tugas dalam satu minggu.

”Baiknya, tugas tug bukan perminggu atau perhari tugas, tapi per Bab 1 TMT (tugas Mandiri Terstruktur). Satu bab kalau panjang kan bisa satu bulanan baru selesai, hehehhe nanti buat ganti tugas yang ekcil-kecil kan bisa dari nilai siswa saat maju mengerjakan soal, keaktifan di kelas, quiz dna lain-lain,” usul Luthfia Nabila Putri dari SMAN 1 Pati.

Ada banyak data lain yang menunjukan bahwa pelajar lelah ngadepi ”monster setiap harinya. Dari data survey HAI, pelajar punya usulan jumlah tugas yang masih dalam kategori wajar itu berapa? Jam mereka menghabiskan waktu dalam mengerjakan tugas, serta beberapa pelajaran yang justeru sedikit tugasnya daripada beberapa pelajaran yang justru menumpuk. (Rizky ramadhan/ HSC:Fanessa Melli)

Semua itu bisa kalian simak di laporan HAI School Crew!

Reporter : Ali Sobri
Editor : Ali Sobri

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×