Extreme Games Indonesia itu Hidup karena…

  • Kamis, 30 Juni 2016 16:15 WIB

Extreme Games Indonesia itu Hidup karena…

Semakin hari, semakin banyak anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia melalui Extreme Sports. Mereka naik podium tertinggi di luar sana, tapi di dalam negeri, mereka seakan bukan siapa-siapa. Kenapa ya?

Geliat atlet extreme sports di tanah air semakin hari semakin besar. Terbukti dari banyaknya wajah-wajah baru yang sukses membawa pulang medali di kejuaraan tingkat internasional. Hal ini menjadi sinyal bahwa sebenarnya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk merajai berbagai nomor-nomor yang dilombakan.

”Gue bisa bilang, periode 2016 dan ke depannya, bakal banyak banget atlet muda extreme sports yang keren-keren dan siap mengharumkan nama bangsa,” aku Satria Vijie, salah satu skater senior di Indonesia.

Tapi, masalah yang dari dulu (dan selalu) terjadi, adalah sulitnya dukungan pemerintah untuk anak bangsa yang ingin berlaga di ajang internasional. Hal ini seringkali membuat semangat dan asa atlet yang udah matang untuk bertanding berguguran karena nggak disambut pemerintah.

Sejak munculnya atlet extreme sports pertama kali di akhir tahun 90-an dan awal 2000- an, semua hal yang dilakukan atlet untuk bisa go international adalah sesuatu yang luar biasa. Kenapa?

Bayangin aja, segala persiapan, mulai dari mental, fisik, dan materi, mereka persiapkan sendiri. Semua serba mandiri. Ngarepin bantuan dari pemerintah? Hampir nggak pernah terlintas di benak mereka.

Satria Vijie, salah satu atlet senior di cabang skateboard membeberkan perjuangannya bersama para atlet seangkatannya dulu.

“Semua kami lakukan sendiri. Latihan sendiri dengan sulitnya wadah untuk bermain, membangun mental dengan saling support antar atlet, dan juga untuk pergi bertanding, kami gunakan uang kami sendiri ditambah bantuan dari sponsor swasta,” ungkap Vijie.

Nggak ketinggalan, pemain BMX senior, Didi Triya pun mengungkapkan hal serupa. “Sejak dulu para atlet emang terbiasa otodidak, mulai dari belajar hingga saat akan berangkat ke luar untuk bertanding. Pemerintah nggak memberikan bantuan pada rider yang bertanding di ajang internasional dulu,” paparnya.

Bagaimana dengan atlet extreme sports yang lagi bersinar saat ini? Kepoin para monster di sini!

Reporter : Salman Achmad
Editor : Ali Sobri

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×