Skripsimu Mentok Di Ide Penelitian? Lakukan 5 Tips Ini

  • Kamis, 1 Februari 2018 12:45 WIB

Apa kabar skripsi, guys? | www.thoughtco.com

HAI-online.com - Bagi lo mahasiswa tingkat akhir, tentu salah satu hal yang harus lo hadapi adalah menyusun skripsi. Nah, sering banget kan dalam menentukan judul skripsi tuh bingung dan stuck mau nulis apa? HAI udah punya jawabannya nih yang dijamin memudahkan lo dalam menentukan judul untuk skripsi. Penasaran? Langsung baca aja, guys!

1. Tentukan Permasalahan yang Sesuai dengan Minat Lo
 
Mengerjakan skripsi tentu butuh perjuangan yang sangat besar dong. Nah, dalam menentukan judul tentu harus ada sebuah permasalahan yang lo angkat.  Permasalahan inilah yang harus sesuai dengan minat lo. Kenapa begitu? Karena hal ini berguna agar semangat lo dalam mengerjakan skripsi nggak akan luntur.  Dengan begitu, lo justru akan semakin semangat untuk menyelesaikan permasalahan dalam skripsi yang lo angkat tersebut karena sesuai dengan minat. 
 
2. Rajin ke Perpustakaan
 
Yap, nggak ada sumber referensi yang lebih lengkap dibandingkan perpustakaan. Baik itu jurnal dalam bentuk online maupun offline.  Ketika lo rajin ke perpustakaan, otomatis lo akan menemukan referensi dari skripsi para senior lo sebelumnya. Bukan berarti plagiat ya, tapi lo akan menemukan beberapa ide baru yang bisa dijadikan bahan judul skripsi lo. 
 
3. Bertukar Pikiran dengan Senior 
 
Percaya deh, cara ini dijamin ampuh banget dalam mencari inspirasi untuk  mengerjakan skripsi. Lo bisa minta dia sharing tentang pengalaman skripsinya. Selain itu, kalau lo punya suatu ide untuk dituliskan dalam skripsi dan lo masih merasa ragu maka cara ini juga bisa banget lo coba. Yap, lo bisa minta minta pendapat dia ataupun sarannya agar penulisan skripsi lo semakin baik.
 
4. Jadikan Pengalaman Magang Sebagai Referensi
 
Nggak ada yang lebih indah dari menyusun sebuah skripsi ketika lo udah pernah terjun ke bidangnya. Yap, ketika lo magang di sebuah perusahaan, tentu lo melihat secara langsung tentang permasalahan yang ingin lo bahas dalam skripsi, mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang bisa lo jadikan sebagai bahan dalam penyusunan skripsi. Asik banget kan kalau gini? 
 
Jadi, hal utama yang harus diperhatikan ketika ingin mengajukan magang adalah memastikan bahwa perusahaan atau tempat magang lo sesuai dengan minat yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar saat lo menjalankan magang, lo bisa ngerasa enjoy dan nggak ngerasa sebagai beban. 
 
5. Diskusikan dengan Dosen Pembimbing  
 
Dalam penyusunan skripsi tentu dosen pembimbing (dospem) memiliki peranan yang cukup penting dong. Nah, disinilah lo bisa berdiskusi dengan dospem mengenai materi skripsi yang bikin lo bingung. Semoga sih, lo dapet dospem yang baik hati ya! Hehe..
 
Nah, semoga kelima cara tersebut bisa mempermudah lo dalam menyusun skripsi ya. Baik dari menentukan judul, materi, ataupun hal-hal lainnya. Pokoknya, semangat terus bagi para pejuang skripsi! 
 
(Penulis : Kalika Diah P.M) 

Reporter : HAI Internship
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×