Seberapa cepat kamu membaca? Ikut Tesnya Di Web ini

  • Rabu, 1 Februari 2017 22:00 WIB

Buku Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi

Membaca itu penting. Apalagi tiap hari kita disodorin sama teks. Entah itu di buku pelajaran, di media sosial atau di koran.

Walau begitu, tiap orang punya kemampuan yang beda-beda dalam membaca. Mereka yang udah sering banget baca, atau disebut top reader bisa membaca 1000 kata dalam semenit dengan tingkat pemahaman 80%. Tapi, jumlah top reader itu paling cuma 1% dari jumlah pembaca seluruhnya. Sementara rata-ratanya, kita bisa baca 200 kata per menit, dengan tingkat pemahaman 60%.

Kalau diitung-itung, jumlah kata yang bisa kita cerna baik dalam semenit tuh paling 120 kata (60% x 200). Sisanya, masuk mata tapi nggak masuk ke otak.

Kabar jeleknya, ternyata manusia tuh kalau udah lewa dari 12 tahun nggak terbiasa melatih cara bacanya biar jadi lebih efektif.

Kabar baiknya, ada satu cara asik untuk tahu seberapa cepat dan efektif kah kita dalam membaca.  Coba kamu klik website Reading Soft ini, lalu ikuti test yang ada di halaman depannya. Setelah tekan tombol "Start" mulai baca artikel di bawahnya lalu klik stop ketika kamu sudah selesai.

website readingsoft.com
website readingsoft.com

Di bawahnya, akan keluar hasilnya. Kamu bisa tahu berapa jumlah kata yang kamu bisa baca dalam semenit.

Terus, kamu bisa juga menguji pemahamanmu setelah membaca artikel itu. Ikuti Comprehension Test yang ada di halaman lainnya.

Selamat mencoba! Kalau udah tau hasilnya, di-share di sini, boleh loh. Tadi saya nyoba, hasilnya nggak lebih baik dari rata-rata: 330 kata per menit, dengan tingkat pemahaman 75%.

Kalau kamu?

 

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×