Masalah Klasik Mahasiswa Rantau. Walau Bikin Miris Tapi Bikin Masa Kuliah Berwarna

  • Sabtu, 27 Januari 2018 13:45 WIB

foto ilustrasi, menampilkan anak muda menghitung uang koinnya | needlegirlhaystackworld.com | http://needlegirlhaystackworld.com/the-truth-about-being-a-production-assistant-how-much-money-will-i-make/

HAI-online.com - Yup! Yang kita tau buat mahasiswa baru, kuliah akhirnya yang telah kalian tunggu dan sistem mengajar pekuliahan juga sudah mulai nih guys! Excited dong pastinya dengan hal itu, akan tetapi masih ada teman-teman HAI yang masih dilanda rasa galau karena kuliah mereka ada yang jauh dari rumah bbahkan sampai beda pulau atau malah beda negara.

Gue yakin banget, lo yang ngerantau, pasti ngerasain suka-suka yang.. ya seenggaknya mirip-mirip sama yang gue rasain sekarang, sebagai mahasiswa pendantang di tanah Minang ini. Sebenarnya, nggak hanya dari Minang, tapi ini adalah masalah klasik mahasiswa rantau.

Bebas dari orang tua!

Bebas dari orang tua, apa yang kalian pikirkan dari kalimat itu? Senang karena bebas dari orang tua? Atau malahan sedih karena bakalan jauh dari orang tua? Yang pasti ditinggal itu nggak enak, guys! Belum lagi kalau kita jauh dari orang tua, hal yang bakalan kita bakalan kangenin itu ocehan orang tua kita guys, karena sudah tinggal jauh dari orang tua kita jadi lebih bebas.

Tapi inget ya jangan karena kita jauh dari orang tua kita jadi seenaknya untuk bertindak yang macem-macem, karena orang tua kita sudah percaya kalau kita bakalan nggak melakukan hal-hal yang nggak diinginkan mereka.

Problematika uang

 Nah! Kalau yang satu ini semua mahasiswa baru ataupun lama pasti ngerasain yang namanya problematika uang bulanan. Duit harus  benar-benar diatur sehemat dan sebaik mungkin. Karena jauh dari orangtua, kita jadi nggak bisa segampang biasanya untuk minta uang. Apalagi sampe ngambil duit, wah, bisa dicoret sih nama kita dari kartu keluarga. Kalau minta uang terus-terusan juga kita bisa di-kamekameha, bro. Hehe.

Semua mahasiswa rantau pasti tau banget perihnya keabisan duit saat akhir bulan. Yang bisa kita andalkan cuma kebaikan hati para pemilik warung nasi. Yes, ngutang dulu, kak.

Mandiri dan Mandiri. Terus Mandiri!

Biasanya buat para anak kesayangan mama papa bakalan harus terbiasa dengan kondisi ini nih! Yes, mandiri itu penting banget, karena otomatis kita merantau bakalan jauh dari orang tua dan secara langsung kita bisa ngatur diri kita sendiri, dimulai dari masak, bersih-bersih kamar, mencuci baju dan masih banyak tugas yang lain yang wajib kita lakuin sendiri.

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Yorgi Gusman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×