Jangan Ngaku Mahasiswa IT Kalau Belum Mengamalkan 3 Hal Ini

  • Minggu, 24 Desember 2017 16:46 WIB

Mahasiswa kampus IT | Abdu

HAI-online.com - Geek is the new rockstar. Yap, itulah slogan jaman digital ini. industri tuh lagi butuh-butuhnya sama ahli ngulik, terutama ngulik program komputer. Karena itulah lulusan IT nggak pernah henti-hentinya dicari.

“Sekarang ini dunia berkembang, masuk ke era revolusi industri yang keempat. Dari mesin uap, ke listrik, terus ke informatika, dan sekarang ini revolusi industri erat kaitannya sama teknologi digital. Dipicu dengan oleh teknologi mobile semua hal akan dibawa ke arah mobile. Karena itu kita selalu butuh ahli teknologi informasi,” ujar pak Ahmad Fachrudin, kepala bagian Echanell Solution di Multipolar, salah satu  perusahaan IT besar nasional.

See, jadi beruntunglah kamu yang sekarang ini menyandang status sebagai mahasiswa IT. Tapi, jangan terlalu bangga dulu, apalah kalau kamu belum mengamalkan hal ini.

(BACA JUGA: Daftar Peringkat 125 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2017 Menurut Kemenristekdikti. UGM Nomor Satu.)

1. Kreatif dalam berinovasi

Adalah percuma kalau kita punya kemampuan, tapi nggak punya ide untuk menciptakan inovasi dari kemampuan kita tersebut. karena itulah mahasiwa IT yang baik nggak cuma harus paham bahasa pemograman, dan update dengan segala jenis software tetapi juga harus punya kreativitas dalam menemukan dan mengembankan inovasi.

“Teknologi itu kan cuma perangkat, kita butuh orang yang punya ide inovasi yang bisa memanfaatkan teknologi itu,” ujar pak Jip Ivan Sutanto, Direktur Multipolar, perusahaan IT nasional.

2. Fokus ke satu bidang minat

Sekarang ini banyak bidang IT yang dibutuhkan. Dari mulai ecommerce, mobile apps, games, dan web development. Nah, mahasiswa IT yang baik itu kudu punya satu bidang minat yang dikulik banget.

 “IT itu emang lagi tren, tapi sayang banget kalau masuk IT cuma karena itu, dan nggak tau mau ngapain. Kuasai satu bidang deh. Misalnya, aku dari dulu tuh suka games, jadi mau dapet tugas apapun, aku bikinnya Games,” kata Aditia Dwiperdana, Head of Development and Founder Agate Studio yang juga alumni jurusan IT kampus ITB.

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Adhityaswara Nuswandana

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×