Jangan Lulus Kuliah Dulu Kalau Belum Pernah Volunteering.

  • Minggu, 21 Januari 2018 16:30 WIB

volunteer acara Hai Day

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran saat dengar kata volunteer? Jawabannya bisa ditebak, pasti nggak jauh-jauh dari kata kerja keras. Sebenarnya, sih, nggak salah kalau kita berpikiran kayak gitu. Maklum, buat sebagian besar dari kita, volunteer berarti kerja secara sukarela dengan bayaran nggak seberapa (bahkan nggak dibayar), namun punya job desk yang lumayan berat.

So, nggak salah juga kalau nggak sedikit dari kita bakal langsung mengernyitkan dahi, atau berpikir dua kali saat ditawari untuk menjadi seorang tenaga kerja sukarela. Meski begitu, bukan berarti teman-teman kita nggak ada yang berminat untuk menjadi seorang volunteer di beberapa event berskala kecil bahkan nasional. Nggak percaya? Cynthia Alexandra salah satunya. Bukan satu atau dua kali, terhitung,alumni SMA Bakti Mulya 400 ini sudah enam kali menjadi volunteer di beberapa event berskala nasional.

“Kalau nggak salah, sih, gue aktif jadi volunteer dari tahun 2013. Bisa dibilang, volunteer, tuh, gue banget! Hahaha…,” ujar cewek yang akrab disapa Cynthia.

Banyak Manfaat

Cynthia mengaku, keputusannya untuk menjadi mahasiswa yang rajin jadi volunteer bukan tanpa alasan. Bukan karena ikut-ikutan teman, menurutnya, dengan menjadi salah satu tenaga kerja sukarela, banyak manfaat yang bisa didapatnya.

“Dari segi koneksi dan teman jelas bakal bertambah. Soalnya, dengan ikut kegiatan kayak gitu, gue ketemu banyak orang dan itu jelas jadi hal lebih,” lanjut salah satu warga London School of Public Relations (LSPR).

Pemilik akun instagram @cyntialexandra ini menambahkan bahwa dengan mengikuti kegiatan seperti ini, bertujuan untuk mengasah kemampuan bersosialisasi para remaja.Alasannya, jadi volunteer, bikin kita bisa ketemu banyak orang dari berbagai latar belakang bahkan sampai jabatan dan status sosial.

Cynthia nggak sendirian. Meliani Ardhalla juga salah satu teman kita yang cukup sering mencantumkan namanya sebagai tenaga kerja sukarela. Buktinya, doi udah ikut serta dalam dua kali penyelenggaraan acara besar majalah kesayangan kamu ini, HAI DAY, di tahun 2014 dan 2015. Menurutnya, dengan sukarela mengikuti acara di luar kampus, membuat dirinya nggak cuma dapat teman.

“Salah satu keuntungan kita jadi volunteer adalah untuk melatih kita bekerja di bawah tekanan. Iyalah, soalnya, sebagai tenaga kerja sukarela, kita harus sigap saat bertugas. Harus cepat dan bisa mengerjakan itu semua di bawah tekanan. Ya, itung-itung latihan atau simulasi sebelum masuk dunia kerja beneran,” lanjut cewek yang akrab disapa Lala.

Nabung Poin

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×