Jadi Joki Skripsi Sampai Joki Ujian, Ini Cerita Teman-teman Kita yang Meraup Uang Dari Kemalasan Orang

  • Selasa, 9 Januari 2018 14:30 WIB

Joki Skripsi | .

HAI-ONLINE.COM – Sampai sekarang, selain bisnis fotokopi dan makanan, ada satu lagi bisnis lain yang nggak bisa mati di dunia perkuliahan. Namanya ‘Palu Gada’ (apa lu mau gue ada).

Sesuai namanya, bisnis ini bisa memberikan apa yang kita butuh selama masa perkuliahan. Mulai dari bikin presentasi, tugas kampus, makalah, sampai skripsi. Semua bisa!

Karena ini bisnis ‘underground’, makanya jangan heran kalau kita sulit menemukan keberadaan si ‘joki’. Yap, dengan berbagai alasan keamanan, mereka nggak gampang muncul ke permukaan dan mempresentasikan keahlian mereka di khalayak ramai kayak yang dilakukan anggota MLM. Sembunyi-sembunyi, bos!

Nggak percaya? Mendingan ngobrol langsung sama Indah (nama samaran), deh.

“Jadi gini, namanya juga di kampus ya, ada aja anak-anak yang deket sama dosen, terus mulutnya comel. Nah, gue nggak mau, tuh, sampai kejadian ada yang ngelaporin gue. Makanya, cuma orang dekat atau orang yang bener-bener butuh (nyariin) gue aja yang minta tolong sama gue,” ujar salah satu alumni perguruan tinggi negeri, yang sempat jadi joki.

Apa Lu Mau Gue Ada!

Yap, teman-teman kita ini emang multi talent. Namanya juga Palu Gada, apa lu mau gue ada, mereka nggak cuma bisa ngerjain tugas harian, makalah, atau skripsi, teman-teman kita juga bisa ngerjain soal UTS atau UAS sekalipun!

Indah, nih, contohnya. Dia mengaku kerap kali dimintain tolong buat ngerjain tugas kuliah, sampai soal-soal ujian kayak UTS atau UAS. Wah, serius, Ndah?

“Iya serius. Selain tugas, gue juga dimintain bantuan untuk ngerjain soal UTS atau bahkan UAS mereka. Sistemnya, mereka fotoin itu soal ujian, kirim ke WhatsApp gue, terus dikerjain, deh. Hasilnya, gue kirim balik ke mereka,” lanjut cewek ramah ini menjelaskan.

Sementara itu, Bedul (nama samaran), mengaku sanggup mengerjakan skripsi atau thesis selama itu masih berada dalam kapasitasnya. Maksudnya?

undefined
pelajar sma mengerjakan tugas yang banyak

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×