Ini Dia Waktu Terbaik untuk Belajar Bahasa Asing

  • Senin, 9 April 2018 20:30 WIB

Waktu yang baik untuk belajar bahasa asing | .

HAI-Online.com - Mau belajar bahasa asing? Yap suatu keharusan memang bro untuk belajar bahasa asing karena punya sederet manfaat. Selain bisa komunikasi dengan orang asing, beasiswa, atau kerja di luar negeri, belajar bahasa asing bisa menambah wawasan kita terhadap budaya lain. Tapi, ternyata butuh waktu yang pas loh buat belajar bahasa asing.

Dikutip dari The Indepenedent, waktu yang tepat untuk belajar bahasa asing itu saat kita tidur sob. Hal ini didasarkan pada riset yang dilakukan oleh University of Zurich dan University Fribourg. Hasilnya juga sudah diterbitkan dalam the Cerebral Cortex Oxford Journal yang didapat melalui penelitian terhadap 60 orang berbahasa Jerman dan sedang mempelajari bahasa Belanda.

UDAH TAU BELUM? Wajib Coba! Ini Dia 5 Cara Mengatasi Cemas Saat Ujian Nasional

Hasil riset ini mengatakan kalau mendengarkan rekaman kosa kata baru saat kita tidur itu benar-benar dapat membantu untuk belajar bahasa asing loh. Jadi, setengah dari peserta riset mendengarkan nih rekaman kosa kata dalam volume rendah dan dibiarkan tertidur dan sebagian lainnya diminta terjaga selama rekaman diputar.

Ternyata, saat pengujian yang dilakukan setelah beberapa jam, mereka yang tidur saat mendengar rekaman bisa menghafal kosa kata lebih baik dari mereka yang terjaga loh!

Namun, Bjorn Rasch selaku pemimpin riset bilang, cara ini ternyata nggak cukup untuk digunakan dalam mempelajari bahasa baru.

"Kalian hanya bisa berhasil mengaktifkan kata-kata yang telah kalian pelajari sebelum tidur. Memutar kata-kata yang tidak kalian ketahui saat kalian tidur tidak berpengaruh," kata Rasch.

Apalagi nih bro, hasil paling efektif itu terjadi selama tidur lelap tanpa mimpi yang biasa terjadi selama paruh pertama tidur malam (NREM sleep). Nah, sekarang coba deh lo mulai atur rekaman untuk dimainkan sesuai dengan waktu tidur.

Artikel ini pertama kali tayang di https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/21/090000520/waktu-terbaik-untuk-belajar-bahasa-asing-adalah-saat-tidur-lelap-

Sumber : kompas.com

Reporter : Dewi Rachmanita
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×