Tips

Hidup Jangan Gitu-gitu Aja, Kembangkan Potensimu dengan 4 Langkah Jadi Orang Kreatif Berikut Ini

Ilustrasi

Di era digital ini kreativitas makin dihargai. Orang kreatif sekaranglah yang paling banyak dicari. Karena dari mereka lah tercipta karya-karya yang dibutuhkan masyarakat. Nah, bagaimana menjadi kreatif, khususnya di era digital ini?

 

Jangan Terpaku Pada Pendapat Orang Lain

https://i.ytimg.com/vi/QmD-YLjkNbM/maxresdefault.jpg

Pendapat orang lain biasanya cenderung nggak obtyektif lantaran setiap orang memiliki ide yang berbeda, yang mungkin aja nggak sesuai dengan ide kita.

Susahnya, mereka suka memaksa kita. Padahal idenya belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Itulah pentingnya kita punya pendirian. Meminta pendapat orang lain boleh,  tapi jangan sampai pendapat orang lain itu menghalangi kita untuk melakukan sesuatu yang menurut kita benar dan selayaknya dilakukan.

 

Hindari Jadi Perfeksionis

https://i.ytimg.com/vi/BY6bGhcnDDs/maxresdefault.jpg

Manusia nggak ada yang sempurna. Orang yang paling cerdas, kreatif, dan tekun sekalipun pasti pernah membuat kesalahan. Jadi, enggak perlu berusaha untuk jadi sempurna. Sebab, itu hanya akan membuat kita akhirnya menghancurkan hal-hal penting yang harusnya membuat hasil karya kita menjadi unik.

 

Ciptakan Tren

https://yt3.ggpht.com/-4CCAavB_dHk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/_JDzkFhkUMM/s900-c-k-no-mo-rj-c0xffffff/photo.jpg

Mengamati tren itu harus, supaya kita nggak kehilangan jejak tentang apa yang sekarang sedang jadi omongan. Tapi, nggak  harus melakukan apa yang orang lain lakukan cuma karena sekarang lagi ngetren! Jangan biarkan tren mendikte kita. Orang kreatif adalah orang yang menciptakan tren, bukan sebaliknya.

 

Wujudkan Segera Ide

https://i.ytimg.com/vi/TRpbTNvAP8M/maxresdefault.jpg

Ketika ide kreatif muncul, hal terberat yang sulit kita taklukkan menunda untuk mewujudkan. Padahal, kunci proses kreatif itu bisa atau nggak bisa berjalan adalah do it!

Makanya, penting banget kita menantang diri sendiri untuk “bergerak”, melakukan hal-hal kreatif yang ingin kita lakukan, tanpa menunda-nunda lagi. Sekali ide kreatif tertunda dilakukan, makan banyak ide kreatif lainnya yang ikut berguguran.

 

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×