Jurusan Matematika: Nggak Disuka, Tapi Bisa Bikin Lulusannya Punya Gaji Puluhan Juta

  • Selasa, 9 Januari 2018 14:00 WIB

Jurusan Matematika

HAI-ONLINE.COM – Dari SD sampai SMA, kita pasti bertemu dengan mata pelajaran yang satu ini. Deretan angka dengan segala macam jenis perhitungannya sukses bikin sebagian besar dari kita jadi ‘alergi’ dengan matematika.

Namun ternyata, meski dibenci, nggak sedikit dari kita justru mencintai bidang ini dan memilihnya menjadi jurusan kuliah. Nggak percaya? Septian Nurcahyo, nih, salah satunya.

“Awalnya emang susah. Tapi makin ke sini, jadi terbiasa dan malah seru sendiri. Dan hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan anak-anak jurusan matematika, loh,” ujar alumni Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA).

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa anak-anak jurusan matematika nggak cuma jago menghitung aja, mereka juga pandai dalam menduga dan memprediksi sesuatu yang akan terjadi ke depannya dengan peluang yang mungkin terjadi. Itu sebabnya, anak-anak jurusan matematika punya prospek kerja ke depan yang terbilang luas.

Statistik dan Industri Keuangan

Lulusan matematika bisa bekerja di bidang perbankan, bursa efek, sampai asuransi. Nah, anak-anak matematika umumnya punya kemampuan analisis dan pemodelan matematika yang berfungsi untuk memprediksi kondisi yang akan terjadi di masa depan.

Instansi Pemerintahan

Kemampuan analisis anak-anak matematika juga bisa membuat mereka bekerja di beberapa instansi pemerintahan, di antaranya ada Biro Pusat Statistik untuk menganalisis data statistik.

“Selain itu, anak matematika bisa bekerja pada departemen keuangan, pengajar di kampus, sampai bank,” lanjut cowok yang akrab disapa Yoyo.

Teknologi Informasi

Ini jadi salah satu hal yang berhubungan erat dengan anak matematika. Soalnya, proses pembuatan software atau aplikasi membutuhkan hitung-hitungan kayak algoritma.

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×