Cerita Jokowi Tentang Masa Sulit Ngerjain Skripsi. Sering Dibentak Dosen Pembimbingnya Yang Galak!

  • Rabu, 20 Desember 2017 10:00 WIB

Jokowi saat bertemu Pak Kasmujo, dosen pembimbing skripsinya dulu | Dok. Biro Pers Setpres

HAI-online.com - Gimana sih reaksi kamu kalau ketemu dengan dosen pembimbing? Pasti deg-degan dong karena takut direvisi atau malah harus nambahin sumber data yang ternyata susah untuk diakses. Yap, setiap mahasiswa tingkat akhir pasti akan mengalami hal serupa sih kayanya.

Ternyata nih guys, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah mengalami masa “sulit” bimbingan skripsi lho! Saat Pak Jokowi menghadiri acara reuni Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, tak disangka bertemu dengan sang dosen pembimbing, Pak Kasmudjo. Nah, momen ini pun nggak dilewatkan oleh Pak Jokowi untuk mengucapkan rasa terimakasihnya kepada sang dosen.

(BACA: 5 Macam Dosen Pembimbing Yang Pasti Ditemui Mahasiswa Tingkat Akhir )

"Yang pertama saya ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dosen pembimbing saya, Bapak Kasmudjo," ujar Pak Jokowi saat memberikan sambutan pada acara reuni di Fakultas Kehutanan UGM, Senin (19/12/2017), dikutip Kompas.com.

Kemudian, Pak Jokowi mempersilahkan Pak Kasmudjo untuk maju ke podium bersama dengannya. Pak Jokowi pun menceritakan, dahulu saat menjadi mahasiswa dan sedang proses mengerjakan skripsi, Pak Kasmudjo terkesan galak. Namun sekarang, dosen pembimbingnya tersebut sangat bijak.

"Beliau waktu membimbing, seingat saya galak sekali. Begitu maju, dibentak balik. Maju, dibentak lagi. Tapi sekarang saya melihat beliau sudah bijak sekali," tuturnya yang kemudian disambut dengan senyum dan tawa para hadirin yang datang di acara reuni.

"Sekali lagi Pak Kasmudjo saya menghaturkan banyak terima kasih. Berkat bimbingan Bapak, di Jurusan Teknologi Kayu saya bisa menyelesaikan skripsi," ucapnya.  

Setelah sukses menceritakan masa-masa saat bimbingan skripsi dahulu, beberapa teman kuliah Pak Jokowi pun ikut dibahas disini.

"Saya ingat Evi, Adriana, lalu Mba Lis yang sekarang di Kementerian Kehutanan, kan. Hati-hati nggak ada kawan ya, kawan-kawan urusan kerja-kerja. Yang paling nakal seingat saya dulu Johan, bener ga? Coba berdiri Pak, tapi sekarang sudah kelihatan bijak kok," tuturnya sambil tertawa.

Pada acara reuni ini, Pak Jokowi pun foto bersama dengan teman-teman seangkatannya (tahun 1980) yang kemudian dilanjutkan dengan melihat beberapa pameran foto lawas dengan ditemani Ibu Iriana.

Ternyata guys, dalam pameran ini terdapat beberapa foto lawas Pak Jokowi lho! Yap, foto semasa Pak Jokowi kuliah dan ketika aktif di Mapala Fakultas Kehutanan, Silvagama. Salah satunya saat melakukan pendakian di Gunung Kerinci.   

Well, kalau kamu saat ini merasa pusing dengan skripsi yang sedang kamu hadapi, nikmatin aja segala proses yang ada guys. Justru kesulitan itulah yang akan jadi memori indah kamu saat lulus nanti. Eits, tapi jangan lupa juga harus berusaha semaksimal mungkin ya!  

 

(Penulis : Kalika Diah P.M) 

Reporter : HAI Internship
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×