Bisnis Itu Bukan Cuma Jualan! Ini 3 Hal Yang Kerap Diabaikan Pebisnis Baru

  • Jumat, 16 Maret 2018 14:30 WIB

bisnis online, yuk! | Pexels.com

HAI-online.com - Sekarang ini, untuk memulai jualan atau bisnis itu gampang banget. Kamu nggak mesti membuat produk sendiri bahkan, kamu bisa menjadi reseller produk-produk brand yang sudah lebih dulu besar. 

Tapi, bisa berbisnis sekaligus berkarya dengan menjual produk hasil inovasimu sendiri tentulah ada nilai plusnya 

Sekarang kita juga sangat dimudahkan dengan adanya market place kayak Tokopedia. Nggak perlu sewa ruko lebih dulu, kita udah bisa menjajakan produk ke banyak orang. 

Well, sebagai pebisnis yang baik, kita harus bisa membuat bisnis kita bertahan lama dan punya value yang baik di mata masyarakat dong pastinya? karena itu, ada sejumlah hal yang perlu kita perhatikan. Biasanya, sih, dilupakan nih sama pebisnis pemula, apalagi yang udah laku banyak. 

1. Cuma Puas Dengan Penjualan Produk, Lupa Membesarkan Brand 

Yap, bisnis itu bukan cuma laku atau nggaknya produk kita, tetapi juga gimana produk kita diomongin sama masyarakat. Karena itu, memelihara dan membesarkan brand itu penting banget. 

William Thanujaya, founder Tokopedia, bilang bahwa di marketplace yang ia bikin, sudah ada 2,7 users yang berjualan. William ingin semua pebisnis juga fokus pada pengembangan brand. 

"Jadi, sebaiknya fokusnya tuh bukan hanya dagang tetapi juga menjadi brand nasional. Awalnya adalah usaha (berjualan), lalu setelah besar jadi Industri, terus jadi brand nasional," kata William di sesi konferensi pers Maker Fest pada Jumat (16/03) pagi ini. 

Lizzie Parra, pengusaha muda yang bisnis kecantikannya kini sudah besar, juga mengingatkan pentingnya sebuah brand. 

"Brand itu kekuatan dari produk," kata Lizzi di acara yang sama. 

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×