Bersiap! Beasiswa Kuliah ke Belanda 2018 Akan Sudah Dibuka. Deadline 1 Februari

  • Selasa, 23 Januari 2018 15:15 WIB

Cara Mudah Dapat Beasiswa

HAI-online.com - Seperti yang kita ketahui nih, kalau awal tahun tuh pasti jadi incaran para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Yap, tentunya kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang nggak sedikit kan? Makanya nih, di awal tahun kaya gini, banyak banget calon mahasiswa yang mulai melamar atau mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.  

Ada beberapa pendaftaran beasiswa yang sudah dibuka, lho, yaitu Studeren in Nederland (StuNed) dan Orange Tulip Scholarship.  

StuNed merupakan beasiswa yang terhitung favorit bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S-2 ke Belanda. Alasannya, StuNed merupakan beasiswa penuh (full scholarship) yang menanggung biaya kuliah, biaya hidup, dan juga ongkos perjalanan. Menarik banget kan? 

Selain itu, beasiswa StuNed juga terbuka untuk fresh graduate. Salah satu syarat pendaftarannya adalah pelamar sudah harus memiliki surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari universitas pilihannya. Program StuNed merupakan beasiswa bilateral telah berlangsung sejak 2000 dan menghasilkan lebih dari 4.000 alumni dari berbagai bidang studi. Jika lolos, penerima beasiswa dapat langsung memulai kuliahnya di Belanda pada September 2018.

BACA JUGA: Ingin Mendapatkan Beasiswa? Ikuti 5 Langkah Ini!

Nah, bagi kamu yang berminat untuk melamar, sebaiknya segera menyiapkan berkasnya nih karena pendaftaran aplikasi untuk StuNed akan ditutup 15 Maret 2018 nanti. Untuk informasi lebih lengkapnya dapat kamu lihat melalui laman www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned

Untuk Orange Tulip Scholarship, calon mahasiswa nggak perlu sampai ke tahap yang memiliki LoA untuk bisa mendaftar beasiswa ini. Kenapa begitu? Karena berbagai ketentuan, skema, dan persyaratan beasiswa pada tiap program maupun institusi nggak selalu sama. Untuk info lebih lengkapnya, kamu dapat mengunjungi laman www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/orange-tulip-scholarship. Pendaftaran beasiswa Orange Tulip Scholarship berakhir pada 1 Februari 2018.

Tips Penting Saat Melamar

Pemberi beasiswa tentu memiliki persyaratan dan kriteria tertentu untuk calon pelajar yang akan mendapat beasiswa. Selain Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), surat rekomendasi, dan skor IELTS, motivation letter yang dibuat pelamar beasiswa juga hal yang tak kalah penting.

Koordinator tim beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono, mengatakan bahwa motivasi seseorang ingin melanjutkan studi ke luar negeri merupakan hal paling penting dalam memberikan beasiswa.

"Motivasi tersebut harus tergambarkan dengan jelas melalui motivation letter dan memberikan alasan pada pemberi beasiswa kenapa Anda layak menerima beasiswa itu," ujar Indy dalam presentasinya di Holland Scholarship Day di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Sabtu, (20/01/2018).

Indy juga menambahkan, membuat motivation letter nggak bisa ditulis hanya sekali dan butuh berkonsultasi dengan orang lain, misalnya dosen.

Menurutnya, pelamar harus dapat mengartikulasikan potret dirinya dengan baik pada surat motivasi dan alasannya mau memilih jurusan tersebut.

"Jadi, kurang tepat alasannya jika ingin lanjut S-2 kalau hanya karena IPK tinggi, dari universitas ternama, atau sekadar lebih ingin mendalami jurusan yang sudah ditempuh saat S1," tambah Indy.

Kemudian, pemberi beasiswa juga berharap beasiswa akan menjadi investasi jangka panjang bagi penerimanya sehingga tujuan melanjutkan studi itu pun bisa berdampak ke banyak orang nantinya. 

Oiya, tahun ini (21/1) Holland Scholarship Day juga digelar untuk keenam kalinya. Acara yang diadakan oleh Netherland Education Support Office (Nuffic Neso) Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan berbagai pilihan beasiswa kepada pelajar yang berminat melanjutkan kuliah ke luar negeri seperti Belanda. Disini, beberapa program atau institusi pemberi beasiswa lain pun turut dipresentasikan pada Holland Scholarship Day, yaitu beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan juga dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

Jadi, bagi kamu yang ingin berkuliah di luar negeri, khususnya ke Belanda harus mulai mempersiapkan dari sekarang ya! 

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Reporter : HAI Internship
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×