Asal Serius, Karier Musisi Juga Menjanjikan, Bro! Bilang Ini Pada Orangtuamu

  • Selasa, 23 Januari 2018 15:30 WIB

Asal Serius, Karier Musisi Juga Menjanjikan, Bro! Bilang Ini Pada Orangtuamu

HAI-online.com - Banyak yang menganggap bahwa industri hiburan adalah tempat kerja dengan penghasilan tak menentu. Ada benarnya, sih, tapi bukan berarti gajinya kecil, lho. Industri hiburan tetap menarik.

Industri seni disebut sebagai lingkungan yang menyenangkan karena  lingkungan yang sangat informal dan waktu kerjanya fleksibel. Mereka, para pekerjanya,  mampu menghasilkan uang hanya dengan melakukan apa yang mereka sukai dan mereka dapat melakukannya di tempat manapun atau bahkan di rumah mereka.

Seperti halnya menjadi seorang musisi. Hanya dengan memiliki potensi dan talenta untuk memainkan bermacam jenis alat music, musisi juga bisa menghasilkan dengan dapat mengoperasikan alat rekaman dan sound system.

Tapi, sekarang ini profesi musisi masih dipandang sebelah mata, tuh, bro. Udah banyak, sih, yang mulai terbuka dengan karier di dunia musik, tapi musisi masih suka kena cibir, tuh. Kamu yang suka musik dan rutin ngeband pasti ngerasain ketika orangtuamu menghalangi mimpimu. Karier musisi nggak segampang diterimanya karier sebagai pengusaha. Setuju nggak?

Marthin Siahaan, yang kini jadi keyboardist merasakan betul tuh susahnya dapet restu dari ortu si gebetan. “Orang tua dia nggak bilang langsung, sih, tapi gue tahu alasannya. Akhirnya gue nggak lanjut sama orang itu karena orang tuanya nggak setuju anaknya sama gue,” cerita Marthin.

Padahal, penghasilan musisi juga nggak kalah dengan pekerja kantoran. Bahkan, bisa lebih besar.  Based on research, penghasilan musisi perbulannya bisa mencapai Rp 10 sampai Rp 20 juta dengan menjadi session player alias mengiringi band atau penyanyi solo besar ketika manggung.  

Selain itu, para penyuka musik juga bisa jadi produser. Mereka mengajak dan mengatur musisi untuk membuat sebuah proyek music. Pendapatannya, tentu bisa lebih besar, karena effort-nya lebih besar juga.

So, bilang pada orangtuamu. Sukses atau nggaknya karier kita itu nggak dilihat dari profesinya saja tetapi lebih dari itu, gimana kita mau bekerja keras. Kalau udah gitu, mau berkarier di bidang apapun, musik sekalipun, pasti masa depan kita bakal cerah.

Penulis: Naomi Goeltom

 

 

 

 

Reporter : HAI
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×