Apa Yang Perlu Dilakukan Jika Ada Anggota Panita Yang Gabut? 3 Ketua Panitia Ini Berbagi Caranya.

  • Kamis, 21 Desember 2017 11:15 WIB

Di Kepanitiaan Pasti Ada Aja Yang Gabut? Kenapa sih? | haiphongteambuilding.com.vn

HAI-online.com -  Bagi kamu yang menjadi anggota dari suatu kepanitiaan di kampus tentu menjadi pengalaman tersendiri dong. Selain memperluas jaringan (menambah teman baru) kamu juga akan menemukan hal baru yang sebelumnya nggak pernah kamu alami.

Nah, dalam suatu kepanitiaan pernah nggak sih kamu menemukan anggota yang kurang aktif atau malah gabut? Yuk, kita lihat apa aja sih tanggapan dari para panitia inti (ketua atau wakil ketua) bagi para angota yang kurang aktif dalam suatu kepanitiaan!

(BACA JUGA: 5 Tipe Anggota di Kepanitiaan Berdasarkan Kepribadiannya. Semoga Kamu Bukan Yang Nomor 2.)

undefined

Rifadillah Maharis, Ketua Panitia PNJ Mengajar 2017

Ketika saya mengetahui adanya beberapa anggota yang kurang aktif dalam panitia PNJ Mengajar 2017, tentu saya dan anggota panitia yang lainnya akan merangkul kembali agar orang yang bersangkutan tersebut dapat kembali aktif di kepanitiaan ini. Selain itu, saya juga akan membuat dia merasa lebih “dianggap” dalam kepanitiaan ini.

Caranya adalah dengan melakukan kegiatan secara bersama-sama. Mungkin menurut dia, dalam kepanitiaan ini merasa kurang dianggap. Padahal sebenarnya, saya selalu menganggap setiap anggota di PNJ Mengajar 2017 adalah keluarga yang harus dijaga dan harus selalu bersama dalam mengerjakan tugas-tugas demi keberlangsungan PNJ Mengajar 2017 sukses. Dengan begitu, dia akan kembali aktif dan tidak lagi gabut.

Jika kamu mulai kurang aktif atau gabut di suatu kepanitiaan, kamu harus selalu mengingat komitmen awal saat ingin bergabung dalam suatu kepanitiaan itu. Jika kamu sudah menjadi panitia dalam dalam suatu acara maka kamu memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi.

undefined

Naura Nabila, ketua panitia dari Padjadjaran Education Festival 2016

Jumlah kepanitiaan di PEF 2016 sekitar 300-an anggota. Sangat tidak memungkinkan jika aku dapat mengatasinya secara satu per satu. Maka langkah awal yang aku ambil jika mengetahui ada beberapa anggota yang kurang aktif adalah mengkoordinir melalui setiap ketua dari divisinya.

Caranya, para ketua divisi dapat membicarakannya secara personal kepada orang yang bersangkutan dan mendekatkan kembali mereka yang kurang aktif atau gabut agar dapat berkontribusi dalam kepanitiaan ini. Nah, jika terdapat panitia inti yang kurang aktif atau gabut maka akan aku ajak bicara secara langsung. Misalnya dengan cara hangout bareng kemudian barulah aku menanyakan alasan atau penyebab ia tidak aktif dalam kepanitiaan ini.

Anggota yang nggak aktif nggak akan langsung dikeluarkan. Karena mereka nggak akan tahu kesalahannya dan khawatir akan melakukan kesalahan yang sama dalam kepanitiaan berikutnya.

Pesanku, bagi kamu yang sudah diterima dalam suatu kepanitiaan maka harus memanfaatkan segala kesempatan yang ada. Menjadi panitia dalam sebuah acara adalah hal yang sangat bermanfaat dan berguna bagi kamu yang nggak mungkin pengalaman itu kamu dapat jika hanya duduk dan datang di kelas saat kuliah.

Reporter : HAI Internship
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×