Alasan Mengapa Kamu Nggak Perlu Ngeri Kuliah Ke Luar Negeri.

  • Kamis, 18 Januari 2018 09:30 WIB

Ilustrasi kuliah di luar negeri | Gio/HAI

HAI-online.com -  Beda bahasa beda budaya itu bukan berarti bahaya. Ini bukan soal keluar dari zona nyaman, melainkan memperluasnya. Kalau udah modal tekad, kita pasti selamat. Kuliah di luar negeri itu seru dan bikin kita jadi manusia baru.

Aku dari dulu suka ngebayangin tinggal di Paris. Rasanya gimana gitu, kan. Terus aku selalu menganggap itu nggak mungkin. Karena belum pede,” aku Delfira Ajeng Prastiya atau akrab disapa Fira.

Walaupun banyak yang sepakat kuliah di nagri itu seru dan jadi salah satu impian, tapi nyatanya daftar alasan untuk nggak mengusahakannya banyak banget. Menandakan kalau ada kengerian tersendiri untuk angkat kaki dari Tanah Air, hidup di negara lain. Dari mulai nggak pede sama penggunaan bahasa asing, takut hidup jauh dari rumah, nggak yakin bisa adaptasi sama gaya hidup yang baru, dan lain-lain.

Intinya, kita takut keluar dari zona nyaman. Fira yang lulusan SMA Highscope ini pun awalnya nggak pede untuk cabut ke Paris. Mimpinya ia tiban dengan ngambil kuliah di Jakarta, jurusan Manajemen. Tapi, selama setahun kuliah, tekad Fira ternyata masih terasa. Ia mantap untuk putar haluan kembali menuju negeri impiannya. Sambil kuliah ia kursus bahasa Prancis dan nyari-nyari info soal kampus penyedia jurusan yang ia inginkan: fashion marketing.

Januari 2015 Fira berangkat, menjalani masa persiapan sebelum akhirnya pada September kuliahnya di Supdemod kota Lyon. Kini, Fira malah ngerasa untung banyak bisa berada di kota paling romantis sedunia itu.

Ya. Kenggaknyamanan hidup di luar negeri itu cuma ada di awal doang. Kalau udah mulai terbiasa, apalagi datang dengan persiapan yang matang, justru kemungkinan ogah pulang karena terlalu betah lah yang ada.

“Di sini aku belajar lebih mandiri lagi, belajar survive dengan budaya baru. Kata orang sih kalo udah bisa survive di India, kamu bakal bisa survive di mana aja and which is aku kira pernyataan itu bener. Hehehe," kata Dwinda Deskastya, Mahasiswa Osmania University, India

“Keuntungannya banyak banget! Aku belajar kultur orang sini, aku jadi lebih mandiri, terus French itu salah satu bahasa romantis, jadi ada nilai plusnya kalo bisa bahasa Prancis. Udah gitu, kalo lagi libur bisa keliling ke mana-mana dengan harga yang nggak begitu mahal. Karena aku fashion, keuntungannya besar banget, aku bisa magang di fashion company yang aku tuju, buat nambah pengalaman juga gimana cara kerja mereka dan seru banget,” jelas Fira panjang lebar.

See. Dengan kuliah dan tinggal di luar negeri, zona nyaman kita yang awalnya cuma di seputaran Indonesia pun jadi meluas, kan?!

BACA JUGA: Baru Mulai Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Tips 'Survive' Yang Perlu Kamu Perhatikan

Reporter : Wiji Adrian
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×