4 Kelakuan Belajar Bahasa Inggris Orang Indonesia yang Bikin Nggak Maju-Maju

Reporter : Ali Sobri
Editor : Ali Sobri

Yang penting foto sama bule cantik baru ngobrol pakai bahasa Inggris | hadiansyahaktsar

Empat hal ini nampaknya sudah melekat dan menjadi bagian dari karakter para pelajar Indonesia ketika mereka mengikuti pelajaran Bahasa Inggris di lembaga bimbingan belajar atau tempat-tempat kursus Bahasa Inggris.

Meski sudah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonom ASEAN),  tetap saja belum banyak yang berubah dari apa yang sudah dicapai para pelajar Indonesia dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

EF EPI (Education First English Proficiency Index) pada 2015 telah merilis hasil tes Bahasa Inggris bagi 910.000 orang di 70 negara yang menunjukkan kalau Indonesia masih berada di urutan ke-32 di bawah Malaysia dan India. Hasil ini juga mengutarakan level kemampuan menengah di mana tingkat rata-rata kemampuan bahasa Inggris perempuan masih lebih tinggi dibanding laki-laki.

Lantas, apa yang bikin kemampuan bahasa Inggris kita nggak maju-maju?

Elizabeth Maria selaku Regional Director EF Indonesia mengaku kepada HAI usai acara preskon 30 Tahun EF Indonesia di Jakarta, Kamis (21/1) ini,  dia mengungkapkan kalau pelajar Indonesia memang punya karakter yang berbeda dengan para pelajar bahasa Inggris di negara lain.

Karena itu nggak heran, hasilnya pelajar Indonesia tidak lebih unggul dari siswa di negara Asia lainnya seperti Hong Kong, Thailand, dan Tiongkok. "Kalo siswa di luar Indonesia pada berani bicara, nah orang Indonesia ini pada jago grammar-nya tapi nggak berani ngomong secara lisan," katanya.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut, mending cek secara lengkap Cara Belajar Bahasa Inggris Orang Indonesia yang Masih Begini....

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×