Salut! Mahasiswa ITS Ini Juara Dua Desain Keamanan Kapal di Amerika Serikat

  • Senin, 26 Maret 2018 18:30 WIB

Desain Kapal Buatan Mahasiswa ITS Menang di Kompetisi Internasional (Foto: ITS.ac.id) | ITS.ac.id

HAI-Online.com - Anak muda Indonesia nggak henti-hentinya nih bro menang di berbagai kompetisi skala internasional. Baru-baru ini, mahasiswa asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya peroleh juara 2 di Worldwide Ferry Safety Design Competion, Amerika Serikat. Lomba ini sendiri pun diikuti oleh 19 negara, seperti Amerika Serika, Jerman, Perancis, Belanda, dan lainnya loh.

Mahasiswa yang berhasil sabet penghargaan lomba desain keamanan kapal itu bernama Rahmad Diko Edfi, Raja Andhika RR, Novario Adiguna P., Alvinur, Yudha A., RIyan Bagus P., dan Jangka Ruliyanto. Dilansir dari situs resmi ITS, mereka tergabung dalam tim Basudewa dan berhasil menyabet juara dua dalam kompetisi yang diadakan Worldwide Ferry Safety Association di Amerika Serikat. Mereka sendiri pun berada di bawah bimbingan Ir Agoes Santoso MPhil dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan dan Hasanuddin, S.T, M.T. dari Departemen Teknik Perkapalan.

CEK JUGA NIH: Fakta Dibalik Pekerjaan Digital Artist, Para Ahli Visual Effect

undefined
Desain Kapal Buatan Mahasiswa ITS Menang di Kompetisi Internasional (Foto: ITS.ac.id)
Penilaian lomba yang Tim Basudewa ikut itu ditentukan beberapa hal nih bro. Contohnya keamanan, faktor ramah lingkungan, kemudahan dibangun, dan biaya pembangunannya yang murah. Selain itu, desain yang dilombakan juga dirancang berdasarkan studi kasus yang berada di selat antara Singapura, Malaysia, dan Batam.

Nah, mahasiswa-mahasiswa asal ITS puya kelebihan tentunya dari segi desain kapal yang mereka namanya Kapal Archimaiden. Contohnya kapal ferry rancangan mereka unggul dalam stabilitas, konstruksi kapal, dan kesesuaian dengan karakter dermaga dan laut sesuai studi kasus kompetisi. Sistem keamanannya juga dirancang berdasarkan regulasi Safety of Life at Seas (Solas) 3 dan 4 yang memiliki pemadam api dan rute evakuasi sebagai standar keamanan.

Nggak cuma it bro, mereka juga bikin dsain kapal yang digeerkan menggunakan teknologi twin-screw water jet dan bahan bakarnya hibrida. Wah keren ya sob. Hal-hal kayak gini nih yang perlu kita apresiasi karena telah mengharumkan nama bangsa. Salut!

 

Reporter : Dewi Rachmanita
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×