Salut, Mahasiswa ITB Ini Mampu Ciptakan Drone Tanpa Remote Control untuk Angkat Logistik di Daerah Bencana

  • Kamis, 2 November 2017 13:45 WIB

Para mahasiswanya | itb.ac.id

HAI-ONLINE.COM - Kemampuan drone nggak cuma buat sekadar ambil foto-foto indah dari ketinggian aja loh. Mahasiswa ITB ini buktikan fungsi alat semacam drone mampu mengangkut barang-barang untuk daerah bencana.

Orang di balik pembuatan drone ini ialah tim Altigen Krasnala dengan anggota, yaitu M. Falih Akbar, Akbar Bagas, Harits M. Setyaman, Edwin Aldrian, Jessika, Tri Agung Susilo, M. Salman Galileo, Saraswaty S, Teresa Nirmala, Jonathan A, Bondan A. R, dan Wildan D. A.

Drone yang mereka ciptakan berbentuk hexacopter dan dirancang mampu terbang secara otomatis serta mengangkat sekaligus menurunkan barang bawaan di titik yang sudah ditentukan.

Cek deh: Apa yang Ingin Kamu Lakukan Kalo Jadi Gubernur Jakarta? Ini Pendapat Pelajar dan Mahasiswa

undefined
Ini drone-nya
Selain itu, wahana ini dibuat dengan sistem dan komponen yang rumit loh. Sistem operasinya menggunakan SIgnal Boot Computer (SBC) yang meraih Techincal Award dalam kategori Vertical Take of Landing di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2017.

SBC itu juga mampu mendeteksi banyak parameter di mana lokasi dijatuhkannya barang serta analisis kondisi sekitar. Belum lagi, ada tambahan inovasi elecro permanent magnet untuk kemampuan pengangkutnya.

Nggak cuma sekadar angkut barang, drone ini juga bisa monitoring dengan web came HD. Sistemnya juga terhubung dengan wifi. Salut banget sama kalian! (Dewi)

Reporter : HAI Internship
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×