Ini Dia 3 Jurusan dan Fakultas yang Diusulkan Pak Jokowi, Ada yang Tertarik Ikut Kuliahnya?

  • Selasa, 5 Desember 2017 12:30 WIB

Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan tentang Naruto | YouTube | YouTube

HAI-ONLINE.COM - Zaman sekarang, pilihan pekerjaan udah makin banyak. Makanya, mungkin aja kalo nantinya makin banyak juga sekolah yang menawarkan pelajaran untuk profesi kekinian, kayak YouTuber contohnya. Bahkan Pak Jokowi pun sempat membahas mengenai perlunya jurusan-jurusan sekolah dan fakultas kuliah yang lebih spesifik dan nggak umum. Contohnya seperti....

Cek deh: Menebak Selera Musik Pak Jokowi dari Konser dan Festival yang Ia Datangi

Jurusan Meme

Saat menghadiri peluncuran Pendidikan Program Vokasi di PT Astra Otoparts Tbk, di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017), Pak Jokowi sempat mengutarakan SMK harus ada jurusan yang lebih mengikuti zaman.

“Kalau sekarang masuk ke SMK itu, kenapa nggak mengikuti perkembangan zaman yang begitu sangat cepat ini. Misalnya mengenai ototronik, teknik pengelasan, konstruksi, baja, metatronika. Atau buat saja jurusan yang lain, jurusan animasi,” tutur Jokowi.

“Harus berani masuk ke situ. Jurusan logistik yang sangat dibutuhkan. Jurusan jendela, jurusan pintu, yang harusnya seperti itu. Bukan jurusan bangunan, terlalu umum sekali. Ini yang kita perlukan,” tambahnya.

Jokowi Usul Mendikbud Buat Jurusan Animasi Spesialisasi Buat Meme
Presiden Joko Widodo (Kompas.com)

Bahkan Pak Jokowi juga mengusulkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, untuk membentuk jurusan meme.

“Atau buat saja jurusan yang lain, jurusan animasi. Spesialisasi buat meme misalnya,” seloroh Jokowi, ketika sedang membahas mengenai perlunya jurusan-jurusan yang lebih spesifik dan nggak umum.

Jokowi mengapresiasi penandatanganan kerja sama antara industri dengan SMK maupun pondok pesantren. Menurutnya, ini merupakan langkah awal untuk membentuk sumber daya manusia yang siap bersaing.

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×