Gamelan Ternyata Dipelajari Di 20 Universitas Luar Negeri Ini. Sebagai UKM Sampai Jadi Mata Kuliah!

  • Kamis, 18 Januari 2018 23:25 WIB

Gamelan Segara Asih di Memorial University of Newfoundland, Kanada | .

HAI-online.com - Sebagai orang Indonesia pasti kita sudah akrab sama yang namanya gamelan, terutama buat yang sekolah di pulau Jawa dan Bali. Menurut Wikipedia, gamelan itu adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong dan berasal dari bahasa Jawa, gamel yang berarti memukul atau menabuh, diikuti akhiran -an yang menjadikannya kata benda.

Tanpa disangka-sangka gamelan ini udah terkenal sampai ke luar negeri. Fakta ini HAI temuin saat lagi iseng menjelajahi informasi kampus di webnya. Setelah dicek ke kampus lain, ternyata banyak, lho, kampus di luar negeri yang ada mata kuliah atau kegiatan gamelannya.

1. Gamelan Duta Laras  (Komunitas)

Cambridge University, Inggris

Tahun 1983 setelah universitas ini dapet sepaket peralatan gamelan dari pemerintah Indonesia, mereka langsung bikin perkumpulan orang yang mau belajar gamelan dan masih rutin dipakai sampai saat ini.

2. Javanese Gamelan Music Ensemble (UKM)

University of Minnesota Amerika Serikat

Instrukturnya namanya pak Joko Sutrisno dan asli dari Indonesia. Kalau kamu terdaftar jadi pelajar di kampus ini, kegiatan ini gratis tanpa perlu keahlian musik sebelumnya

BACA JUGA: Walau Suaranya Samar-samar, Tapi Bassist Adalah Posisi Paling Penting di Band. Penelitian Membuktikannya

3. Gamelan Cahaya Asri (mata kuliah)

Reporter : HAI
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×