5 Negara Ini Punya Pelajaran Bahasa Indonesia, Jangan Sampai Kamu Nggak Tau!

  • Kamis, 16 Februari 2017 09:30 WIB

Yacinta Kurniasih sedang mengajar para mahasiswa asal Australia di Kelas 5 Kajian Indonesia di Monash University, Victoria, Australia. | KOMPAS.com/Caroline Damanik

Di negara sendiri, Bahasa Indonesia sering dianggap nggak keren, bahkan kampungan. Nggak heran jadinya kalo banyak yang lebih suka bahasa lain seperti Inggris, Korea, atau Jepang. Miris sih, padahal banyak orang-orang di negara lain yang ngikutin pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahnya.

Eh, kamu nggak tau? Banyak yang bilang Bahasa Indonesia memiliki keunggulan, yakni lebih mudah dipelajari ketimbang bahasa populer di dunia, seperti Inggris, Perancis, atau Jerman. Nih, HAI kasih tau deh beberapa negara yang punya pelajaran Bahasa Indonesia. Cintai bahasamu sendiri ya!

 

1. Australia

University of Shouthern Queensland, Australia, membuka S1 jurusan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib sekolah dasar di Australia, selain bahasa wajib Bahasa Inggris, di Newport Lakes Primary School (NLPS), Australia. Bahasa Indonesia juga jadi mata kuliah di beberapa kampus Australia.

Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2013, Cepri Maulana mengatakan pada Juli hingga Agustus 2015 dia berkesempatan menjadi guru penutur Bahasa Indonesia di NPLS. Ternyata, di sana bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib.

"Mereka menyadari Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dan berpotensi menjadi negara kuat serta berpengaruh di masa yang akan datang," kata dia menirukan perkataan pihak NPLS, dikutip dari Kompas.com.

 

2. Hongaria

Budapest Business School (BBS)
Budapest Business School (BBS)

Budapest Business School (BBS), University of Applied Science, Hongaria, membuka kelas bahasa Indonesia sebagai salah satu kursus bahasa yang dipilih mahasiswanya untuk menyelesaikan studi.

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×