Stuffs

Ugh, Ini Nih Susahnya Internetan di Era 2000-an Awal.. Ngeselin!

Ini 10 Hal Yang Pernah Berjaya Sebelum Internet Merajalela

Buat kalian semua, yang besarnya di pertengahan dan akhir era 2000, wajib bersyukur karena nggak merasakan susahnya nyari koneksi internet di era 2000-an awal! Mungkin, om dan tante kamu masih ngerasain tuh sulitnya denger lagu di YouTube, chatting, boro-boro nge-vlog!

Kamu tau, kan, di era 2000-an awal itu internet baru aja menjamur di Indonesia, kalau di luar negeri, sih, udah lumayan lama ngetrennya, tapi kalo di negara kita, saat itu nggak semua orang bisa nikmatin koneksi internet.

Bahkan, yang udah bisa internetan pun, koneksinya lambat banget, mau buka Google aja, bisa-bisa 1 menit loading baru kebuka tuh situs! Duh, ngeselin banget!

Nah, HAI ingin berbagi pengalaman aja, nih, sama kalian, gimana, sih, susahnya main internet di zaman 2000-an awal itu..

Nyambung Kabel Telepon ke Komputer

Dulu, terdapat perusahaan provider ternama di Indonesia yang menawarkan jasa internet dengan cara menyambungkan kabel telepon ke komputer. Ribet banget, dan koneksinya pun lambat, boro-boro buffering YouTube atau liatin Vlog-nya Pewdiepie, dia pun saat itu juga belum nongol.

Nanti, setelah menyambungkan kabel telepon, kalian akan melihat gambar di layar seperti di bawah ini:

Ini dia nih pelakunya... hehehe...
Ini dia nih pelakunya... hehehe...

Setelah itu, kalian harus memasukkan nomor telepon yang sudah dikasih oleh provider itu dan kamu baru bisa main internet.

Tapi, kalo misalkan telepon rumahmu ada yang menghubungi, boom! Koneksi internetmu akan hilang seketika...

Selain sambung ke kabel telepon, dulu juga ada tuh nyambungin handphone Nokia jadul untuk bisa main internet di komputer. Itupun sama, koneksinya lambat banget ya Tuhan, jadi males main internet.

Nokia jadul kayak gini dulu dipake buat internetan di komputer!
Nokia jadul kayak gini dulu dipake buat internetan di komputer!

Makanya, di zaman itu, jarang anak-anak muda yang mendekam di rumah, mereka keluar dan mencari permainan yang nyata.

Fadli Adzani

Wartawan majalah HAI, pencinta karya Tame Impala dan keindahan alam Indonesia. Bermain bass untuk grup musik Crayola Eyes.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×