Terungkap! Ini Dia Kecepatan Koneksi 5G Setelah Diuji Coba

  • Kamis, 7 Desember 2017 19:15 WIB

Kapan Kita Bisa Nikmatin Jaringan 5G? | Neowin

Jaringan Lemot itu emang nyebelin banget! Makanya begitu ada kabar yang satu ini, HAI langsung rangkum dan share ke kalian.

Jadi gini ceritanya guys, baru-baru ini, setelah spesifkasi jaringan 5G diluluskan oleh International Telecommunication Union atau yang kalau disingkat ITU, akhirnya Samsung melakukan uji coba seberapa cepat teknologi 5G milik mereka.

Uji cobanya dilakukan di dalam sebuah kereta yang berjalan sejauh 1,5 km dengan kecepatan 100km/jam di Saitama, Jepang. Mau tau berapa kecepatan maksimum yang dihasilkan koneksi 5G pada saat uji coba tersebut? Mencapai 1,7Gbps bro! Gokil, ngga, tuh?

Dengan kecepatan secepat itu, kita bisa mengunduh video beresolusi 8K dan mengunggah video 4K dalam perjalanan. Ini sih kalau dipakai 5 sampai 10 gadget dan semuanya streaming berkualitas HD ditambah gaming juga, nggak bakal ada lag nih. Mantap!

Uji coba tersebut menggunakan router 5G (CPE), akses radio (5G radio) RAN vitural dan pusat jaringan virtual. Dalam uji coba ini Samsung pun nggak sendirian, melainkan bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi Korea Selatan, KDDI.

Menurut kabar yang HAI rangkum dari Neowin, Jaringan 5G ditargetkan akan bisa diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.

“Keberhasilan uji coba hari ini di setiap lokasi seperti di dalam kereta dan di stasiun kereta api adalah batu loncatan penting yang mengindikasikan 5G semakin dekat” ucap Staff Senior Eksekutif Manager KDDI, Yoshika Uchida.

Kalau mau nyobain seberapa cepet koneksi 5G, sabar dulu ya, guys. Masih tiga tahun lagi dan siapa tahu top speed dari 5G yang sekarang 1Gbps, pas rilis nanti menjadi 1Tbps. Wah, udah nggak akan ada lagi kata lag atau lemot lagi pastinya.

Jadi intinya, kita kudu sabar lagiii... HAHAHA....

Penulis : Dio Firdaus  

Reporter : HAI
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×