Stuffs

Ternyata Cuma Ada 4 Warna Paspor Di Dunia! Inilah Fungsi dan Maknanya

Ternyata Cuma Ada 4 Warna Paspor Di Dunia!
Foto by : CNN

Tiap negara pasti punya desain yang berbeda di sampul paspor negaranya masing-masing. Meski punya desain yang berbeda-beda, sampul paspor semua negara di dunia pada dasarnya terdiri dari empat warna utama, yaitu merah, biru, hijau, dan hitam. Indonesia sendiri dulu punya paspor berwarna hijau sebelum akhirnya berubah jadi warna biru. Kira-kira apa aja ya bedanya?

Ternyata menurut Bussines Insider, alasan kenapa paspor negara-negara di dunia terdiri dari empat warna utama adalah buat membedakan kategori negara-negara tertentu. “Mayoritas paspor di dunia memiliki warna dasar merah dan biru,” kata Vice President of Marketing Passport Index, Hrant Boghossian.

Warna paspor rupanya juga dipengaruhi oleh kondisi politik, agama, dan geografis sebuah negara. Pemerintah tiap negara berhak memilih warna sampul paspor masing-masing. Warna ini bisa digunakan sebagai indetitas, tapi nggak menjamin "nilainya" akan sama di mata negara lain

Berikut empat warna paspor yang ada dan penjelasannya:

Paspor Merah

paspor merah
paspor merah

Paspor merah biasanya digunakan negara-negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia dan negara yang ingin jadi anggota seperti Turki. Negara-negara di kawasan Pegunungan Andes seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru juga memilih warna merah. Selain itu, Swiss juga salah satu negara yang memilih warna merah yang sesuai dengan bendera negaranya.

 

Paspor Biru

Paspor Biru
Paspor Biru

Warna biru sering digunakan di negara ‘dunia baru’, seperti negara-negara di kawasan Karibia, misalnya. Negara-negara Uni Amerika Latin (Mercosur) seperti Brazil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay, juga make warna ini buat paspor mereka. Indonesia pun pada akhir tahun 2014 lalu juga mengganti warna sampul paspor dari hijau jadi biru terang.

 

Paspor Hijau

Warna paspor hijau punya Indonesia yang dulu
Warna paspor hijau punya Indonesia yang dulu

Hrant Boghossian bilang kalo warna hijau biasanya digunakan di negara-negara Islam atau yang mayoritas penduduknya muslim. “Mayoritas negara Islam menggunakan paspor warna hijau karena pentingnya warna tersebuty dalam agama mereka”, kata Hrant. Selain itu, paspor warna hijau juga dipake oleh negara-negara Economic Community of West African States (ECOWAS) seperti Nigeria dan Senegal.

 

Paspor Hitam

paspor hitam Selandia Baru
paspor hitam Selandia Baru

Paspor bersampul warna hitam terlihat tampak lebih elegan dan resmi. Beberapa negara yang make sampul hitam buat paspornya antara lain Republik Bostwana dan Selandia Baru.

Dimas Yulian

Reporter Majalah HAI. Peminat kajian media, jurnalistik dan musik paruh waktu.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×